Foto: Rumah123/iStock

Setelah seharian beraktivitas, keringat melekat, apalagi jika aktivitasmu bersentuhan dengan terik matahari. Mandi dengan siraman air berlimpah jadi bikin segar, bukan?

Akan tetapi, keberlimpahan air tak selamanya. Suatu saat bumi akan kering  karena kekurangan sumber air. Lebih-lebih bila makhluk bumi sangat boros menggunakan air.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Untuk Menghemat Air

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak perusahaan produsen perlengkapan kamar mandi meluncurkan berbagai produk water-saving.

Selain membeli produk peralatan mandi water-saving, kamu pun disarankan untuk meninggalkan kebiasan menampung air pada bak mandi dan mulai beralih mandi menggunakan shower.

Sebaiknya kamu memilih shower yang hemat air. Dengan sistem pancuran yang telah dimodifikasi, produk shower water-saving mampu menghemat air sebesar 35% atau sekitar 30.000 liter air bersih per tahunnya, bahkan lebih.

Baca juga: Kalau Kamar Mandi Didandani, Bisa Secantik Apa?

Selain shower, water closet atau toilet pun memberikan sumbangan yang cukup besar dalam pembuangan air. Mengganti toilet lama dengan produk yang lebih efisien rupanya mampu menghemat air hingga 62.000 liter per tahun.

Untuk menghematnya, kamu dapat menggunakan toilet dengan sistem dual flush yang memiliki dua pilihan volume air penyiraman. Umumnya, saat ini toilet dual flush memiliki kapasitas penyiraman 3 dan 6,5 liter atau 3 dan 4,5 liter. (Wit)

Bagikan: 1078 kali