Foto: Rumah123/Getty
   

Kamu berminat beli rumah pake Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen? Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) melonggarkan DP pembelian rumah pertama, apakah 5%, 4%, 3%, 2%, 1%, bahkan tanpa DP sekalipun alias DP 0%. Aturan baru ini mulai berlaku per 1 Agustus 2018.

Besaran DP tentunya memotong harga rumah yang kemudian masuk sebagai kredit yang akan dicicil sesuai kesepakatan tenor (masa cicilan). Nah, mana sih pilihan DP yang baik, yang besar, kecil, atau nihil?

Baca juga: Siap Berikan DP 0% Tapi Gak pada Setiap Nasabah

DP besar memang akan meringankan cicilan, tapi DP kecil belum tentu membuat cicilan kamu semakin berat. Misalnya gini, kalau kamu membeli rumah pertama, kan biasanya rumah standar dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Agar lebih nyaman ditempati, biasanya dilakukan renovasi. Nah, kalau kamu termasuk golongan yang ini, maka DP besar akan memberatkan. Jadi, ada baiknya kamu memilih DP kecil, sehingga dana sisanya bisa kamu alokasikan untuk renovasi.

Sebesar apa pun cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya, gak akan merugikan kamu. Sebab, pada saat masa cicilannya selesai nantinya, keuntungan pasti masih berpihak pada kamu lantaran rumah yang kamu beli itu harganya sudah jauh lebih mahal.

Baca juga: Apa Sih Konsekuensi dari DP 0%?

Jadi, kamu gak perlu terpaku pada DP 0% atau malah memburunya. Ada uang banyak, ga masalah bayar DP besar. Punya uang sedikit, ya pilih DP Kecil. Kalau gak ada uang buat DP, ya pilih yang nol persen. Yang penting tuh kamu segera punya rumah, mau DP besar, DP kecil, DP 0%, sekarang ini gak jadi masalah!

*

Bagikan: 795 kali