Foto: Rumah123/Getty
 

Hobi traveling? Yaaa…  namanya juga milenial, anak zaman ‘now’ mana ada yang ga suka traveling dan rajin mempostingnya di media sosial? Kereeen kan? Bisa keliling dunia dalam usia belia, warganet mana yang ga kagum? Perkara kantong jadi bolong atau malah berutang pake kartu kredit, itu kan soal nanti. Yakin ‘soal nanti’ itu bakal ga bikin kamu kacau-balau? Mau contoh?

Tahu kasus Sispai? Milenial cewek bernama asli Fransisca Paisal yang tampil gaya dengan hobi traveling-nya itu pernah kena batunya. Dia terlilit utang karena dana traveling-nya bersumber dari utang! Kalau ditotal, utangnya mencapai Rp156 juta. Wow!

Baca juga: Ga Usah Takut Ngutang, Kalau Tergolong Utang Produktif

Emang sih dia sudah melancong sampai ke Korea Selatan dan Eropa, juga sudah menikmati traveling keliling dunia. Tapi, kalau kenikmatan itu harus dibayar mahal dengan kejadian yang memalukan sejagat, apa masih nikmat tuh.

Penasaran sama kejadian yang berlabel ‘memalukan’ itu? Kalu di vemale.com, Kamis (13/4/2017), para pemberi utang menyergap dia saat baru aja mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Jawa Barat, Minggu (9/4/2017). Mereka langsung memintanya membayar utang yang disiarkan secara langsung melalui live tweet bertagar #bacotsispai.

Baca juga: Utang yang Bisa Bikin Kaya Raya, Ga Percaya Kan?

Traveling memang menyenangkan, tapi kalau pada akhirnya kayak gitu, kamu mau? Kata para pakar sih, traveling adalah satu dari lima hal yang tidak layak kita bela-belain sampai berutang segala. Empat hal lainnya adalah beli baju/tas desainer branded, melunasi utang lain untuk utang baru, beli hadiah/kado, dan beli furnitur.

Gimana kalau utang KPR? Harus! Kalau kamu emang ga punya duit cash buat beli. Utang hunian tuh asuk daftar utang layak. Kenapa layak? Kata para pakar nih:

Baca juga: Punya 12 Properti di Usia 32 Tahun karena Berani Ngutang, Bisa!

Pertama, kalau ga mencicil sangat berat buat milenial untuk melunasi harga rumah yang ratusan juta rupiah.

Kedua, kalau tidak mencicil pendapatan kamu akan habis begitu saja tanpa terasa.

Ketiga, cicilan utang hunian biasanya hanya sekitar 30% dari pendapatan. Jadi, ga bakal deh cicilan utang hunian akan melilit kamu.

Keempat, semakin dini kamu punya hunian semakin kamu cepat mapan.

Jadi, mau cepat mapan ga? Beli hunian sekarang!

Bagikan: 714 kali