Solo Urbana Residence, apartemen mahasiswa berkonsep kawasan di Kota Solo. Foto: Rumah123.com/solourbana.tuhiro.com
   

Solo Urbana Residence merupakan proyek apartemen berkonsep kawasan di Kota Solo. Lewat PT Mulia Properti Indah, grup usaha Agungtex akan membangun 7 menara apartemen dengan kapasitas total 1.482 unit hunian. Sang pengembang menggandeng Binare Indonesia Group (BIG) untuk memasarkan proyek ini.

Menurut CEO PT Mulia Properti Indah, Novi Imelly, seperti dikutip Kontan.co.id, Minggu (7-10-2018), potensi pasar properti di Kota Solo sangat besar. Potensi itu tercermin dari pertumbuhan ekonomi Solo yang terus meningkat, tingkat investasi terus bertambah, banyak pabrik berdiri, dan jumlah penduduknya juga terus bertambah. "Saat ini kami berani untuk merespon potensi tersebut lewat pengembangan proyek Solo Urbana Residence ini," kata Novi.

Menurut Novi, selain faktor potensi secara umum tersebut, Solo Urbana Residence berprospek bagus karena lokasinya sangat strategis. Dikelilingi 3 universitas negeri ternama, yakni Universitas Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia, Akademi Komunitas lndustri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (AK-Tekstil Solo). Jelas bahwa proyek hunian ini menargetkan pasar buat mahasiswa.

Baca juga: 2018, Kementerian PUPR Targetkan Tol Semarang-Solo Beroperasi Penuh

Ada 3 pembeli apartemen ini, yakni end-user, investor yang bertujuan untuk menyewakan unitnya ke mahasiswa, dan pengelola apartemen servis.

"Prospek apartemen ini sangat besar untuk dijadikan sebagai hunian mahasiswa. Setiap tahunnya ada sekitar 13.000 mahasiwa baru yang masuk ke tiga kampus tadi. Sementara saat ini belum ada satu pun proyek kos-kosan mahasiswa yang dibangun dengan konsep kawasan seperti yang ingin kami bangun ini," kata Novi.

Apartemen ini berkonsep low-rise dengan lantai 7-12. Sebagai kawasan terpadu yang mengusung konsep Urban Smart Living, proyek ini akan dilengkapi dengan area tempat berinteraksi para mahasiswa. Salah satunya yakni Elevated Garden, ruang terbuka untuk berbagai kegiatan intraktif, sosial, seni, dan budaya.

Baca juga: Siap-Siap! Solo Bakal Kebanjiran Apartemen

Ada beberapa tipe unit, Tipe Studio dan Tipe Satu Kamar. Harga  per unitnya mulai Rp250 jutaan. Untuk tahap awal, Mulia Properti Indah menawarkan promo cara bayar uang muka (DP) 10% yang bisa diangsur selama 18 bulan.

Novi mengatakan, tahap pertama penjualan 300 unit sudah sold out. Menara kedua telah sold out 224 unit. Sekitar 60% pembelinya merupakan orang lokal dan 40% sisanya berasal dari luar kota semisal Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Pembangunan Solo Urbana Residence secara serentak dilaksanakan mulai tahun depan (2019) dan ditargetkan akan rampung dalam 24 bulan. Hanya saja, nilai investasinya masih dihitung ulang karena ada faktor pelemahan nilai tukar rupiah.

Baca juga: Investor Apartemen Mahasiswa Zaman Now Bisa Untung 8-15% per Tahun

Founder Mulia Properti Indah, wiryawan Arya, meyakini bahwa Solo Urbana Residence akan diterima pasar dengan baik karena lokasinya sangat strategis. Saat ini, perusahaan masih akan fokus mengembangkan proyek tersebut. Namun, ke depan tidak tertutup kemungkinan untuk terus berekspansi di Solo sejalan dengan potensi pasarnya yang cukup besar.

Agungtex Group sebelumnya memiliki portofolio properti berupa hotel. Lewat bendera PT Cipta Properti Agung, mereka mengembangkan Harris Hotel dan Pop Hotel dengan total kapasitas 350 kamar.

Bagikan: 547 kali