beli rumah- rumah123.com Kalau Generasi Milenial Ingin Membeli Rumah Pada 2020, Ada Lima Langkah Mudah untuk Mewujudukannya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kalau kamu ingin membeli rumah pada 2020, segera lakukan lima kebiasaan ini dari sekarang. Saatnya kamu memiliki rumah atau apartemen mulai dari sekarang.

Sebentar lagi kamu akan mengganti kalender 2019 dengan 2020. Kamu sudah punya rumah atau apartemen belum? Kalau belum, saatnya untuk meneguhkan niat untuk memilikinya.

Kalau 2019 ini, rencana kamu untuk memiliki properti belum terwujud, maka saatnya kamu meraihnya pada 2020. Ada lima kebiasaan yang harus kamu lakukan dari sekarang.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Kunjungi Marketing Gallery Atau Show Unit Setiap Pekan

Awal Desember 2019, Bank Indonesia akan menerapkan kalau pembeli rumah pertama hanya perlu membayar uang muka atau down payment (DP) sebesar 10-15 persen saja. Bank Indonesia memang telah menaikkan rasio LTV (loan to value) pada September 2019 lalu.

Bahkan, kalau kamu membeli rumah dengan konsep berwawasan lingkungan, kamu hanya perlu membayar uang muka sebesar 5 persen. Jadi kamu menunggu apa lagi sih?

1. Memiliki Tabungan Uang Muka Atau Down Payment (DP)

Jangan salah ya, kamu memang belum menemukan rumah atau apartemen yang kamu inginkan. Namun, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki tabungan uang muka.

Kamu harus memaksa untuk menabung sebanyak-banyaknya. Buat kamu yang masih tinggal dengan orang tua, pastinya kamu bisa melakukannya.

2. Mengurangi Utang Tidak Produktif

Pastikan kalau kamu tidak memilik utang tidak produktif seperti kartu kredit, cicilan mobil atau motor, cicilan kredit tanpa agunan (KTA), dan lainnya. Lain cerita kalau kamu memiliki kredit usaha untuk berwirausaha.

Kamu harus segera melunasi utang tidak produktif. Malah kalau perlu kamu menjual mobil atau motor untuk tambahan uang muka membeli rumah.

3. Mulai Menerapkan Hidup Sederhana

Tidak perlu malu untuk membawa makan siang dari rumah. Pilihan lainnya adalah makan siang di kantin ketimbang di restoran. Pastinya kamu bisa menghemat cukup banyak.

Selain itu, kamu harus mengurangi minum kopi di kedai kopi, makan di restoran, menonton film di bioskop, hingga belanja sepatu, tas, gadget, dan barang hobi.

4. Mulai Belajar DIY (Do It Yourself)

Saat kamu telah memiliki rumah, pengeluaran kamu akan digunakan untuk menyicil rumah. Ingat ya, sediakan dana untuk renovasi.

Ada beberapa perbaikan kecil yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri seperti mengecat, memperbaiki pintu, dan lainnya. Berapa ongkos tukang bangunan saat ini? Rp150 ribu atau Rp200 ribu per orang per hari? Bayangkan kalau kamu menghabiskan Rp400 ribu untuk tukang untuk perbaikan kecil selama dua hari, padahal kamu bisa mengerjakannya sendiri.

5. Rajin Mencari Rumah

Saat akhir pekan, kamu bisa mencari rumah melalui berbagai cara. Kamu bisa mendatangi pameran properti seperti Festival Properti Indonesia, masuk ke situs properti Rumah123.com, bertanya kepada agen properti, atau mendatangi marketing gallery dan show unit perusahaan pengembang.

Nah, kamu harus melakukan semua hal ini agar bisa memiliki rumah pada 2020. Yuk, niat beli properti dari sekarang.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Pilih Lokasi Atau Kemudahan Transportasi?

Bagikan: 287 kali