Rumah yang Didesain oleh Invisible Studio (Rumah123/Curbed)

Bisa jadi rumah? Ya, bisa. Bisa jadi tempat kerja atau workshop? Ya, juga bisa. Dapat dibawa ke mana-mana? Ya, apalagi, bisa banget.

Nah, lho apaan nih? Rumah ini sebenarnya adalah trailer atau rumah yang dapat dipindahkan dengan ditarik mobil.

Baca juga: Liburan yang Cocok untuk Generasi Milenial: Menginap Gratis di Sebuah Kabin di Alaska!

Kalau di Indonesia sepertinya sih memang belum umum. Sementara kalau di negara-negara Barat, rumah seperti ini memang sudah lazim. Malah ada lahan khusus untuk trailer.

Biro arsitek asal Inggris, Invisible Studio membuat sebuah rumah bernama Trailer. Rumah ini ditempatkan di sebuah hutan kecil dekat kantor mereka di Bath, Inggris.

Baca juga: Doyan Pindah? Bawa Aja Rumahnya Sekalian

Invisible Studio dikenal dengan rancangannya yang ramah lingkungan. Mereka sedang mengembangkan sebuah prototipe rumah kecil dari bahan prefabrikasi.

Rumah mikro ini hanya  memiliki luas 40 meter persegi. Wow, cocok banget buat generasi milenial yang nggak butuh rumah besar.

Baca juga: Siapa Mau Beli Rumah Kabin dari Jepang?

Biaya membangun rumah ini hanya USD 28.000 (Rp388 juta). Material yang digunakan untuk rumah ini adalah kayu, baja, fiberglass, polycarbonate, dan lainnya.

Rumah ini memiliki jendela besar dan skylight. Hal ini membuat cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa. Penghuni tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari.

Baca juga: Mobil Sekaligus Rumah, Gak Perlu Garasi Kali Ya?

Invisible Studio mendesain Trailer dengan desain yang minimalis. Namun, rumah ini memiliki fasilitas seperti dapur, kamar mandi, dan ruang ruang tidur. Ada bagian tangga dari kayu untuk mencapai bagian atas rumah.

Trailer dapat dipindahkan dengan ditarik oleh mobil. Rumah ini memiliki kelengkapan standar untuk dipindahkan sesuai dengan peraturan di Inggris. Nah, kalau di Indonesia bagaimana ya?

Baca juga: Mobil Sekaligus Rumah, Kayak Gimana Sih?

Nah, asyik juga kan kalau punya Trailer. Kamu bisa punya rumah yang bisa berpindah-pindah. Siapa tahu kamu mau kerja dari Bali atau Yogyakarta, kamu malah bisa sekalian bisa bawa rumah dari Jakarta.

Rumah yang Didesain oleh Invisible Studio (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 582 kali