Investasi properti di luar negeri cukup diminati warga Indonesia karena return yang menggiurkan - Rumah123.com Investasi properti di luar negeri cukup diminati warga Indonesia karena return yang menggiurkan (Rumah123.com/Getty Images)

Properti di luar negeri kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Infrastruktur yang memadai, keamanan yang stabil, hingga return yang menggiurkan adalah beberapa alasan kenapa rumah dan apartemen di negara tetangga menjadi instrumen investasi yang legit.

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, kamu yang berminat untuk membeli properti di luar negeri tetap harus teliti dalam mempertimbangkan banyak hal. Sebab bagaimanapun itu, investasi di bidang properti adalah sebuah keputusan besar yang akan memengaruhi kondisi finansialmu. Apalagi properti di luar negeri, risiko yang muncul tentunya lebih banyak.

Nah, untuk kamu yang punya rencana untuk membeli hunian di luar negeri, simak dulu tips amannya berikut ini!

1. Pahami regulasi pembelian properti di luar negeri

Bukan hanya Indonesia, negara lain juga punya aturan dan regulasinya sendiri tentang pembelian properti oleh warga asing. Masing-masing negara memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Misalnya di Australia dan Singapura, yang hanya mensyaratkan kepemilikan paspor sebagai identitas.

Atau Malaysia, di mana untuk bisa membeli hunian di Kuala Lumpur, kamu hanya boleh memilih hunian dengan harga di atas 2 juta ringgit alias Rp 7 miliar. Sebelum membeli, pastikan kamu sudah memahami dan memenuhi regulasi serta kebijakan tersebut.

2. Minta bantuan dari pengembang atau agen properti

Membeli properti langsung dari sang pemilik, tanpa ada perantara ketiga biasanya memang lebih murah. Namun jika kamu belum cukup familiar dengan pasar properti negara tujuan, sebaiknya kamu minta bantuan kepada pengembang atau pun agen properti. Mereka tentunya akan membantumu mulai dari proses pencarian hingga tahap pembiayaan.

3. Terjemahkan dokumen legalitas dalam bahasa yang paling kamu mengerti

Sebelum menandatangani dokumen apapun yang berkaitan dengan proses transaksi, pastikan isi dari dokumen tersebut diterjemahkan dalam bahasa yang paling kamu mengerti. Kamu harus tahu persis setiap butir perjanjian yang disetujui olehmu dan sang penjual. Jangan sampai ada kesalahpahaman sedikit pun karena itu bisa berdampak fatal.

4. Perhatikan fluktuasi mata uang

Ketika kamu membeli rumah di luar negeri, tentunya mata uang yang digunakan adalah mata uang negara tujuan. Untuk itu, kamu harus sering-sering memantau fluktuasi mata uang negara setempat. Atau jika kamu lebih aman, segera tukarkan uangmu menjadi mata uang yang nilainya lebih tinggi dibandingkan mata uang Indonesia atau mata uang negara tujuan, misalnya seperti dolar Amerika.

5. Perhatikan cara pembayaran

Setelah kamu yakin untuk membeli properti incaranmu, maka tahap selanjutnya adalah pembayaran. Sebaiknya, kamu menghindari pembayaran secara tunai karena  bisa terkena aturan batas maksimal membawa uang tunai. Apabila kamu memilih untuk membayarnya secara kredit, teliti lagi bank yang hendak dipilih. Pastikan bank tersebut merupakan lembaga resmi yang sudah jelas rekam jejaknya.

Dapatkan penawaran menarik di Festival Properti Indonesia 2019

Itu dia 5 tips aman untuk kamu yang berencana untuk membeli properti di luar negeri. Kamu tak perlu pusing mencari bantuan ke sana ke mari untuk mengetahui informasi seputar properti di luar negeri. Cukup kunjungi Festival Properti Indonesia 2019 yang diadakan pada 6-10 November 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Kamu akan menemukan developer asing yang bisa membantumu memiliki properti di luar negeri. Psst, ada promo menarik juga lho, mulai dari potongan harga sebesar 25%, hingga cashback Rp100 juta. Jangan lupa catat tanggalnya ya!

Bagikan:
1884 kali