arsitek- rumah123.com Kalau Ingin Membangun Rumah Sendiri, Kamu Harus Mencari Arsitek yang Tepat. Ada Sejumlah Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menemukannya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamu mau bangun rumah sendiri, ada tujuh tips untuk menemukan arsitek yang tepat. Seperti apa sih kiat-kiat mendapatkan arsitek yang pas.

Ada orang yang memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi, ada yang suka dengan rumah tua. Namun, banyak juga yang memilih untuk membangun rumah sendiri.

Mungkin kamu sudah memiliki lahan sendiri, memiliki dana untuk membangun, dan ingin membuat rumah impian kamu. Saatnya untuk mencari arsitek yang tepat.

Baca juga: Orang Super Kaya Incar Hunian Karya Arsitek Ternama

Bagi yang memilih untuk membangun rumah sendiri, pastinya kamu ingin mencari arsitek yang tepat. Arsitek yang bisa mewujudkan rumah impian kamu.

Pastinya kamu menginginkan rumah yang berbeda, unik, dan tidak ada duanya, terlepas dari gaya arsitektur dan desain interior. Untuk itu, kamu harus menemukan sosok arsitek yang tepat. Setiap arsitek memiliki kerja kreatif, gaya, pendekatan, dan keahlian.

Situs properti Realestate.com.au memberikan tujuh tips bagaimana menemukan arsitek yang cocok. Realestate.com.au adalah laman milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan dari Rumah123.com.

1. Membuat Daftar Arsitek

Kamu bisa mencari di internet, marketplace, atau media sosial seperti Instagram. Sederetan arsitek memamerkan karya mereka di sosial media. Kamu bisa bertanya kepada teman atau keluarga untuk mendapatkan referensi.

2. Mencari Arsitek yang Punya Gaya Arsitektur Tersendiri

Kalau kamu menginginkan rumah yang bergaya modern kontemporer, kamu bisa mencari arsitek yang punya visi serupa. Begitu juga kalau kamu ingin rumah bergaya tradisional, industrial, dan lainnya. Jangan ragu untuk melihat karya arsitek muda. Mungkin mereka memiliki passion yang sama dengan kamu.

3. Bertemu Langsung dengan Arsitek

Setelah kamu mencari, kamu bisa membuat daftar dan menentukan tiga kandidat teratas. Setelah itu, kamu harus bertemu langsung dengan mereka untuk berdiskusi soal rumah impian kamu. Kamu bisa mengetahui keahlian dan kemampuan mereka semua.

4. Mempelajari Hasil Karya Arsitek

Para arsitek biasanya sudah mengerjakan sejumlah proyek yang beragam. Kamu bisa mempelajari setiap hasil karya mereka. Kamu dapat menentukan apakah salah satu dari mereka cocok untuk merancang arsitektur dan desain interior rumah kamu.

5. Mencari Tahu Soal Kemampuan Berkomunikasi Sang Arsitek

Kamu juga perlu mengetahui kemampuan lain arsitek yaitu dalam berkomunikasi. Tentunya kamu dan arsitek akan berdiskusi setiap saat mengenai rumah yang akan dibangun. Jadi kalau arsitek tidak bisa berkomunikasi, tentunya dia sulit untuk memahami keinginan kamu.

6. Membicarakan Biaya Pembangunan dengan Arsitek

Arsitek seharusnya mengetahui berapa biaya untuk membangun rumah. Kamu bisa berdiskusi untuk desain dan juga dana. Arsitek bisa memberikan arahan mengenai desain dan juga biaya yang harus dihabiskan untuk pembangunan.

7. Mempertimbangkan Interaksi Arsitek-Klien

Kamu akan menghabiskan waktu banyak dengan arsitek. Jadi selain keahlian, kamu harus memiliki arsitek yang bisa memahami keinginan kamu. Klien dan arsitek harus memiliki interaksi yang baik.

Baca juga: Arsitektur yang Kaya Warna, Ekspresif, dan Energik

Bagikan: 1089 kali