Framework yang Didesain Lever Architects (Rumah123/Dezeen)

Akhirnya, pemerintah negara bagian Oregon dan kota Portland, Amerika Serikat menyetujui pembangunan gedung tinggi dari material kayu.

Biro arsitek lokal Lever Architecture merancang gedung kayu bernama Framework yang memiliki tinggi 12 lantai ini. Bangunan ini merupakan mixed use building yang terdiri dari perkantoran, apartemen, dan ritel.

Baca juga: Aplikasi Material Kayu pada Dinding Ternyata Bisa Berikan Kesan Hangat, Coba Aja!

Lever Architecture sudah mengungkapkan cetak biru rancangan gedung sejak 2015 lalu. Namun, baru disetujui pada tahun ini.

Belakangan, material kayu menjadi favorit bagi arsitek pada abad 21. Mereka mendesain bangunan dengan menggunakan material ini dibandingkan dengan baja dan beton. Seolah ini menjadi hal terbalik dibandingkan awal abad 20 ketika baja dan beton mulai menggantikan peranan material kayu.

Baca juga: Wuih, Tangga Melayang Bikin Hunian Kamu Jadi Tambah Cantik!

“Inovasi dalam pembangunan menggunakan material kayu menjadi bagian dari desain gedung Framework, yang akan mengubah bagaimana Amerika Serikat membangun gedung pada masa mendatang,” ujar chief executive officer (CEO) Softwood Lumber Board Organization, Steve Lovett seperti dilansir dari laman desain dan arsitektur Dezeen.

Softwood Lumber Board Organization merupakan organisasi yang memiliki kontribusi dalam riset dan pengembangan proyek Framework ini.

Baca juga: Memadukan Bata Ekspos dan Beton Ekspos, Wah Keren Banget!

Sebelumnya, peraturan perundangan di AS memang melarang pembangunan gedung dengan tinggi lebih dari 30 meter menggunakan material kayu.

By the way, diperbolehkannya material kayu solid ini dalam pembangunan gedung tinggi tentunya akan membuat material kayu olahan seperti cross laminated timber dan glue laminated timber bisa digunakan, tetapi tentunya harus melewati proses tahan gempa, tahan api, dan lainnya.

Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

Hmm, mau juga bikin gedung dari material kayu? Belum ada lho bangunan tinggi di Indonesia dengan material kayu sepenuhnya. Tetapi, kamu harus memikirkan tingkat kelembapan di sini yang lebih tinggi lho. Material ini akan lebih rentan terkena api dan angin.

Bagikan:
2136 kali