Material Bambu Dikenal Tahan Gempa Lantaran Lentur (Foto: Rumah123/Archdaily)

Kalo ngomongin bambu, pastinya kamu mikir material yang memang nggak keren sama sekali. Ayo, ngaku aja deh.

Kursi dan meja bambu. Perabot ini sudah pasti tahan lama, apalagi kalau ditaruh di luar ruangan. Namun, image-nya memang nggak keren.

Rumah bambu apalagi. Dinding dari bambu tentunya membuat tampilan rumah nggak zaman now alias nggak kekinian. Tetapi, lucunya kamu merasa keren ketika menginap di resort di Bali dengan dinding bambu.

Baca juga: Tips Gempa: Hati-hati Saat Mengecek Rumah Usai Gempa

Material yang nggak keren ini sebenarnya punya keunggulan yang banyak lho. Salah satunya tahan gempa. Material ini memang lentur sehingga tidak mudah patah saat ada guncangan gempa.

“Ya, semacam kearifan lokal. Sebenarnya bisa dimanfaatin, tetapi balik lagi kalau bambu nggak semua orang itu mau pakai bambu, nggak luks. Kalau kayu sekarang udah langka dan mahal. Ibaratnya dari segi green-nya kurang lah,” ujar Andesita Oki kepada Rumah123.

Zaman dulu, nenek moyang kita menggunakan material bambu dan kayu dalam membangun rumah. Hunian ini terbukti tahan gempa kan?

Baca juga:  Tips Mitigasi Bencana: Bagaimana Mengatasi Trauma Pasca Gempa

“Ya, balik lagi ke rumah lokal kan. Rumah lokal memakai bambu atau kayu, jarang yang memakai solid seperti batu bata atau beton,” lanjut Andesita yang juga aktif di Indonesian Young Architects ini.

Selain tahan gempa, bambu juga murah dan ramah lingkungan. Bambu mudah dijumpai di mana-mana kan? Harganya juga tidak bakal semahal batu bata atau beton.

Sejumlah arsitek di Meksiko memanfaatkan bambu sebagai salah satu material rumah murah dan tahan gempa. Negara ini memang berada di jalur cincin api.

Nah, kalau kamu tinggal di Indonesia yang rawan gempa, sudah seharusnya kamu memanfaatkan material yang cocok untuk antisipasi. Masih malu pakai material bambu?

Baca juga:  Tips Desain: Bangunan Berbentuk Kubah Ternyata Tahan Gempa

Bagikan: 2528 kali