bantuan langsung tunai

BLT untuk beli rumah telah dicanangkan oleh Kementerian Keuangan melalui agen pemerintah yakni Badan Layanan Umum (BLU) yang diharapkan mampu meningkatkan dan mempertajam perannya dalam percepatan masyarakat. 

Serta diharapkan BLT untuk beli rumah juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, terlebih dalam proses pemulihan pasca pandemi COVID-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jika pengelola BLU ini bisa menyalurkan bantuan berupa BLT untuk beli rumah, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kementerian PUPR juga memberikan bantuan senilai Rp759,000 kepada masyarakat berpendapatan rendah untuk memiliki rumah untuk memiliki rumah,” kata Sri Mulyani dalam video virtual.

Ia pun melanjutkan ada kawasan dan jasa lain di dalam membantu UMKM yang terpukul sangat berat akibat pandemi dengan skema BLU.

“Ini akan mendukung 1,2 juta UMKM dan PIP yang akan memberikan dukungan kepada 3,4 juta Ultra mikro kemudian baru di bawah,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Hadiyanto mengaku beberapa hal yang harus dilaksanakan dan menjadi perhatian bersama.

Terkait dengan pengelolaan BLU dan BLT untuk beli rumah agar program dan kegiatan tahun 2021 selaras dengan rencana kerja pemerintah 2021 terutama sebagai prioritas nasional.

“Kita memastikan program kegiatan tahun 2021 sudah sesuai dengan rencana strategis bisnis BLU dan rencana strategis KL sebagai bentuk pembangunan dan pembangunan BLU yang berkesinambungan,” tandasnya.

BLT untuk Beli Rumah merupakan bagian dari stimulus pemerintah untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional 

Selain BLT untuk beli rumah, pemerintah juga memberikan stimulus lainnya terhadap berbagai sektor, khususnya dalam meningkatkan daya beli masyarakat, setelah masuk ke jurang resesi pada 2020 silam.

Adapun kucuran bantuan lainnya dalam bidang properti adalah pajak pertambahan nilai (PPN) untuk perumahan yang ditanggung oleh pemerintah (DTP).

Menteri keuangan Sri Mulyani mengatakan jika total stimulus PPN DTP Properti senilai Rp5 triliun yang menyasar ke masyarakat kelas menengah keatas.

Selain BLT untuk Beli Rumah, Masyarakat Berpenghasilan Rendah berhak atas beberapa bantuan berikut ini 

Secara umum, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp173,3 triliun dalam proses Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk program vaksinasi COVID-19, diagnostik (testing dan tracing), biaya klaim perawatan, insentif kesehatan dan santunan kematian.

Kemudian juga bantuan iuran BPJS untuk PBPU/BP, earmark TKDD untuk kesehatan, insentif perpajakan kesehatan, dan anggaran komunikasi PEN. 

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait bantuan pemerintah dalam bentuk BLT beli rumah sebagai bagian dari percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Temukan informasi menarik lainnya seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari rumah idaman? Temukan jawabannya hanya di Puri Lembana Bandung."
Bagikan:
6373 kali