istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan kebanggaan umat muslim dan menjadi salah satu simbol toleransi umat beragama di Indonesia.

Proses renovasi yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 kini menghasilkan bangunan arsitektur yang semakin menarik dan modern mengikuti perkembangan zaman.

Adapun, hasil perubahan Masjid Istiqlal ini diunggah oleh akun resmi TikTok @kemenpupr mengenai ubahan Istiqlal pasca terjadinya renovasi besar-besaran.

Dalam judul video “New Masjid Istiqlal” dijelaskan, secara rinci pasca renovasi dan ubahan estetis nan dekoratif khususnya pada aspek pencahayaan.

Lampu sorot kubah bagian dalam yang semula hanya memiliki satu warna yakni kuning keemasan, saat ini dibekali dengan sistem pencahayaan diubah dengan berbagai warna unik.

“Setelah 51 tahun di bangun, Masjid Istiqlal di renovasi, warna kubah (bagian luar) bisa menyesuaikan ke fase bulan. Bahkan lighting interiornya sudah menggunakan sensor,” bunyi penjelasan kementerian PUPR di dalam akun TikTok. 

Selanjutnya, tampak terdapat pula kolam refleksi di mana kolam air tersebut dapat memantulkan pemandangan landscape kemegahan masjid ini.

Selain kolam air, terdapat lokasi etalase yang disiapkan untuk pedagang dengan bentuk rapi dan bersih, dan bisa dibeli oleh para jemaah.

Renovasi juga disiapkan pada sisi ruang berwudhu untuk pria dan wanita dengan kondisi kamar mandi yang baru dan sangat bersih.

Sentuhan unik selanjutnya juga tampil pada sisi ruang parkir bawah tanah. Sebelumnya, Istiqlal hanya dilengkapi oleh tempat parkir dengan bentuk lantai sejajar di masjid.

Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal  selesai pada Juni 2021 

Tak hanya bentuknya yang semakin modern, nilai keunikan lain di Masjid Istiqlal ini patut untuk ditunggu yakni Terowongan Silaturahmi atau Jembatan Silaturahmi.

Untuk diketahui, Terowongan Silaturahmi akan menjadi simbol keutamaan toleransi umat beragama di Indonesia, yakni terowongan yang menghubungkan antara Istiqlal dan Gereja Katedral yang berada di seberangnya.

Jembatan atau Terowongan Silaturahmi diyakini akan selesai pembangunannya pada Juni 2021 seiring penutupan akses jalan utama antara kedua tempat ini.

Masjid Istiqlal dirancang dengan luas kawasan 91,629 meter persegi (tidak termasuk area sungai) dengan luas bangunan 80,948 meter persegi yang dapat menampung hingga 200 ribu jemaah.

Renovasi masjid ini menelan dana hingga Rp511 miliar yang seluruhnya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang mencakup penataan kawasan, pekerjaan struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), interior dan signage.

Penataan kawasan Masjid Istiqlal juga dilakukan dengan mengembalikan Axis Monas dan perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza ruang publik dan riverfront pada sisi sungai.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai hasil renovasi Istiqlal yang semakin modern.

Temukan inspirasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari rumah idaman? Kamu bisa cari tahu Cluster Amanda Summarecon." 

Bagikan:
2396 kali