Padahal wilayah ini masih satu kecamatan dengan Jalan Sudirman yang terkenal mahal. Tapi siapa sangka NJOP-nya adalah Rp 2 jutaan per meter persegi!

njop adalah - rumah123.com NJOP di kawasan Sudirman adalah yang paling tinggi, bahkan hingga Rp110 juta! (Rumah123.com/Getty Images)

NJOP adalah taksiran harga rumah berdasarkan luas dan zonanya

Nilai Jual Objek Pajak alias NJOP adalah taksiran harga rumah dan bangunan yang dihitung berdasarkan luas dan zona rumah serta bangunannya. Setiap wilayah punya nilai NJOP berbeda-beda. Semakin mahal harga pasaran rumah dan bangunan di suatu kawasan, maka semakin tinggi pula NJOP-nya. 

NJOP di kawasan Sudirman adalah yang paling tinggi, bahkan hingga Rp110 juta!

Gampangnya, rumah di area premium seperti kawasan niaga terpadu Sudirman, Kuningan, dan Thamrin, punya NJOP yang lebih tinggi ketimbang kawasan lainnya. Jika menengok Peraturan Gubernur No. 37/2019 tentang Penetapan Nilai Jual Objek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Tahun 2019. 

Wilayah Jenderal Sudirman merupakan kawasan dengan NJOP termahal yakni Rp110.000.000 per meter persegi. Dengan NJOP tersebut, diperkirakan harga jual tanah di kawasan itu bisa mencapai Rp150 juta/meter persegi. Well, hal ini tentu gak mengherankan mengingat lokasinya yang strategis, akses transportasi yang sangat memadai, hingga penambahan infrastruktur yang terfokus pada wilayah tersebut.

Uniknya, ada daerah di dekat Sudirman yang NJOP-nya hanya Rp2 jutaan

Tapi siapa sangka, lahan di satu wilayah di kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang merupakan kecamatan yang sama dengan Jalan Sudirman, punya NJOP yang besarannya kurang dari Rp3 juta per meter persegi. 

Dalam Pergub nomor 37 itu, disebutkan NJOP di seluruh wilayah Jakarta. Pada kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, terdapat wilayah dengan NJOP Rp2,5 juta per meter persegi. Di sana disebutkan bahwa tanah tersebut terletak di Jalan Gatot Subroto. 

Namun, tak ada keterangan lengkap mengenai lokasi pasti dari tanah tersebut. Yang pasti, NJOP tersebut berlaku di tanah berkode ZNT “BK” di Jalan Gatot Subroto.

Gimana, mau ga punya rumah dekat Sudirman dengan harga lebih rendah?

Nah, gimana menurutmu? NJOP merupakan salah satu faktor dalam menentukan harga lahan. Artinya, tak menutup kemungkinan hunian di lahan dengan NJOP rendah, punya harga yang lebih murah juga. Lumayan banget kan, tinggal di daerah yang gak jauh dari Sudirman, tapi harganya berbanding jauh!

Bagikan: 1619 kali