Foto: iStock Photo Foto: iStock Photo

Kamu masih bingung antara mau membeli tanah saja lalu membangun rumah sendiri, beli rumah seken, atau beli rumah jadi dari pengembang?

Nih ya, keuntungan kamu membangun rumah sendiri, bangunan rumah bisa  betul-betul sesuai yang kamu inginkan. Dari pemilihan bahan bangunan, menempatkannya, sampai detail harganya pun kamu bisa tahu.

Kamu lantas tinggal mencari tukang bangunan sesuai budget. Namun, kekurangannya kalau bangun rumah sendiri, kamu harus melalui proses panjang. Sebut saja proses pencarian lahan, kamu harus mempertimbangkan aspek legalitasnnya. Lantas, kamu juga harus memastikan kelengkapan dokumennya.

Baca juga: Pengen Punya Rumah di Usia 20-an? Bisa Banget Kok!

Proses selanjutnya, pembangunannya dari awal sampai bisa dihuni. Kamu harus punya waktu yang cukup untuk nmengawasi progres pembangunannya.

Na, kalau kamu memilih untuk membeli rumah seken, pastikan rumah yang hendak dibeli kondisinya masih bagus. Lihat kelengkapan dokumennya. Jarak dan akses menuju tempat bekerja juga menjadi poin penting.

Baca juga: Usia 20-an Bisa Punya Rumah Sendiri. Ini Buktinya!

Kalau kamu tidak mau repot dan berniat ingin membeli rumah dari pengembang, pihak pengembang sudah memberikan banyak tawaran promo. Tak hanya itu, proses pembayarannya pun sudah diatur.

Fasilitas yang ditawarkan dari pengembang biasanya memudahkanmu. Tetapi, kekurangannya ya model rumah tidak bisa kamu tentukan sesuai keinginanmu. Konsep dan desain rumahnya pun seragam dengan kanan-kirinya.

Bisa saja sih kamu memberikan sentuhan personal sebagai penanda itu rumahmu, tapi tentu saja kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk biaya renovasi.  (Wit)

Bagikan: 4020 kali