Posisi tidur yang baik untuk penderita asam lambung adalah posisi miring - Rumah123.com Posisi tidur yang baik untuk penderita asam lambung adalah posisi miring - Rumah123.com

Setelah menguras energi seharian, tubuh kita tentunya membutuhkan istirahat. Tidur, adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan energi kita. Tapi, pernahkah kamu masih merasa lelah, walaupun sudah tidur cukup? Jika pernah, bisa jadi kesalahannya ada pada posisi tidurmu.

Ternyata, tidur pun ada aturannya dan tak boleh dilakukan sembarangan. Bukan hanya membuat tubuh tetap lelah, posisi tidur yang salah juga bisa mengganggu kesehatan. Seperti apa sih posisi tidur yang baik dan benar? Berikut penjelasan lengkapnya!

Ternyata, posisi tidur yang baik berbeda-beda untuk setiap orang

Setiap orang memiliki masalah kesehatan yang berbeda-beda. Karena hal ini, posisi tidur yang baik tak bisa disamakan untuk semua orang. Maka dari itu, tentukan posisi tidur terbaikmu berdasarkan keluhan kesehatan yang kamu alami.

Untuk penderita sakit punggung dan sakit leher

Ketika menderita sakit punggung dan leher, posisi terlentang adalah posisi tidur yang terbaik untukmu. Sebab, tulang belakang berada dalam posisi lurus, dan beban tubuh terbagi dengan rata ketika tidur. Supaya lebih nyaman, gunakan bantal kecil persis di bawah kepala dan leher agar tulang belakangmu tetap sejajar. Letakkan juga bantal di bawah lutut untuk mempertahankan lekuk alami tubuh. 

Untuk penderita sleep apnea dan sering ngorok

Apnea tidur atau sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur. Kondisi ini biasanya ditandai dengan mengorok saat tidur dan tetap merasa mengantuk setelah tidur lama. Jika posisi terlentang cocok untuk penderita sakit punggung dan leher, posisi tersebut justru bisa membuat kondisi sleep apnea semakin memburuk. Sebaiknya kamu tidur dengan posisi menyamping. Tidur dengan posisi menyamping akan membantu menjaga jalan napas tetap terbuka.

Untuk penderita asam lambung dan GERD

Posisi tidur yang salah bisa membuat asam lambung dan GERD semakin menderita. Asam lambung akan naik ke kerongkongan dan akhirnya menimbulkan sensasi panas di dada, mulut terbakar, hingga batuk dan terbangun. Posisi yang baik adalah posisi miring dan menaruh lebih banyak bantal ketika tidur agar kemiringan antara lambung dan mulut lebih tinggi. Dengan begitu, potensi asam lambung naik menjadi lebih kecil. 

Untuk kamu yang memperhatikan penampilan

Posisi tidur menyamping memiliki beberapa sisi negatif, yaitu dapat membuat payudara kendur dan memunculkan masalah kulit, mulai dari jerawat hingga kerutan dini di wajah. Jika kamu orang yang cukup memperhatikan penampilan, maka tidur dengan posisi terlentang adalah jawaban yang paling tepat.

Posisi tidur mana yang paling baik untukmu?

Itu dia beberapa posisi tidur yang bisa kamu pilih. Jangan lupa untuk menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kondisi kesehatanmu ya! Tidur yang berkualitas tak hanya ditentukan oleh posisi, melainkan juga kasur yang digunakan. Pastikan juga kamu menggunakan jenis kasur yang bikin tidur makin berkualitas ya!

Bagikan: 1771 kali