Foto: Rumah123/Getty
 

Dapur yang rapi, terawat, dan enak dipandang, pastinya bakal bikin kamu senang masak di rumah. Kalau udah senang, ya gak heran hidangan lezat sering hadir di meja makan. Kalau kamu bosan lihat tampilan dapurmu, kenapa gak mencoba menata ulang dekorasi atau interiornya? Mahal? Ah, belum tentu lho kalau kamu mengantongi kiatnya.

Berikut ini kiat untuk mengubah dapur lama kamu jadi tampak fresh:

Pertama, ganti cat kabinet dan dinding dapur.

Yang paling kelihatan perubahannya di dapur ya kalau kamu mengecat ulang dinding dan kabinetnya. Jadi, coba bikin kinclong dinding dan kabinet dapurmu dengan cat baru. Kalau kamu ingin lebih beda, ya ganti juga warnanya, jadi bukan cuma polesan catnya yang baru.

Perhitungkan berapa banyak cat yang kamu butuhkan, kalau ternyata banyak, beli aja yang besar. Ada cat yang isinya 25 kilogram, ada juga yang 5 kilogram. Kalau mau gak banyak pengeluaran, ya cari harga cat yang sesuai dengan bujet kamu.

 
Dapur yang ceria bikin betah di rumah. Foto: Rumah123/Getty
 

Kedua, ganti peralatan dapur dengan yang baru.

Kapan terakhir kamu beli peralatan dapur? Kalau kamu gak ingat, berarti itu udah terlalu lama. Kenapa gak kamu ganti aja dengan yang baru. Selain kelihatan lebih stylish, dapur kamu akan tampak lebih enak dilihat.

Kalau bujet kamu cekak, ya jangan ganti semua peralatan. Pilih aja beberapa item yang bisa kamu ganti dengan yang baru. Semisal panci atau wajan kamu udah kelihatan kuno, ganti ajalah dengan model baru meskipun barang itu punya kenangan istimewa buat kamu.

Saat ini banyak ditawarkan peralatan dapur yang trendi dengan harga terjangkau. Kamu bisa juga berselancar di toko-toko online untuk mendapat inspirasi peralatan yang cocok untuk dapurmu, semisal alat dapur yang lebih modern atau yang futuristik. Kalau kamu jeli dan beruntung, malah mungkin kamu bisa mendapatkan harga diskon.

Baca juga: Solusi Dapur Rapi dan Bersih, Gak Ribet Kok!

Ketiga, ganti lantai.

Kalau lantai dapur kelihatan kusam atau kotor banyak noda, mungkin akan lebih tampak segar kalau kamu ganti dengan yang baru. Pasalnya, dapur yang udah lama digunakan biasanya lantainya jadi kusam dan banyak bercak. Mengganti lantai dapur dengan ubin yang lebih bercahaya dan berwarna, serta motif yang beda tentunya bisa mengubah suasana. Nah suasana baru di dapur akan bikin kamu semangat masak dan berlama-lama di bagian rumah yang satu ini. Kalau kamu bosan ubin keramik, bisa ganti dengan alternatif ubin dari kayu.

Keempat, ganti lampu dapur.

Pencahayaan di dapur tentu saja penting, meskipun model lampu di dapur gak terlalu jadi perhatian utama. Tapi, kalau kamu mengganti model lampu dengan yang unik, misalnya, dapur kamu jadi tampil beda.

Kamu bisa pilih lampu LED yang lebih irit listrik. Pilih warna lampu yang cocok dengan warna dinding dan kabinet dapur kamu. Jangan pasang cahaya lampu yang redup. Semakin terang dapurmu akan bikin kamu semangat untuk memasak.

Baca juga: Kalau Rumah Sendiri, Bikin Kebun Stroberi di Dapur Juga Ga Ada yang Ngelarang!

Kelima, menata peralatan dapur.

Kalau barang bergeletakan di mana-mana, bikin mata capek melihatnya. Jadi, tatalah peralatan dapur kamu dengan baik, sehingga kalau kamu butuh sesuatu barang akan mudah mendapatkannya. Selain acara masakmu jadi lancar, mata kita pun enak memandang.

Selain menatanya dengan rapi, untuk mempercantik dapurmu kamu bisa menambahkan pernak-pernik atau aksesori. Semisal penutup dispenser yang cantik atau tempat tisu yang unik, lap yang warnanya oke. Atur semua pernik atau aksesori agar serasi dengan tema dan tampilan dapur kamu. Harga pernak-pernik atau aksesori dapur gak mahal lho, jadi gak bakal juga sampe bikin kantong kamu jebol.

Foto: Rumah123/Getty
Bagikan: 4672 kali