Pastinya kamu selalu ingin menghadirkan dekorasi dan desain interior terbaik di rumahmu. Salah satunya adalah dengan menggunakan karpet di dalam ruangan.

Berbeda bahan karpet, berbeda pula sensasi dan suasana yang ditimbulkannya. Dari yang orisinal hingga yang sintetis.

Jenis karpet ternyata bervariasi juga. Jenis karpet yang bagaimana yang cocok untuk hunianmu? inilah empat jenis bahan karpet, lengkap dengan cara merawatnya.

Baca juga: Xeriscape, Taman Hemat Air

Polipropilen

Polipropilen (polypropylene atau PP) merupakan jenis karpet berbahan sintetis, teksturnya halus, dan harganya terjangkau. Kelemahannya ialah warnanya yang cepat memudar. Juga benang pembentuk karpetnya mudah lepas. Untuk bahan ini, kamu bisa mencucinya dengan air.

Sisal

Bahan ini berasal dari tumbuhan bernama sisal. Sifatnya yang natural memberikan tekstur lebih kaya. Karpet berbahan ini juga lebih aman digunakan. Untuk perawatannya, jangan mencucinya menggunakan air, cukup gunakan penyedot debu saja.

Baca juga: Tambah Mesra dengan Aromaterapi

Wol

Karpet berbahan wol merupakan jenis yang sangat nyaman digunakan dan sedap untuk dipandang. Harganya memang terbilang cukup mahal, namun sepadan dengan keunggulannya.

Karpet wol tidak mudah kempis, karena ketebalannya yang tahan lama. Begitu pula warnanya, untuk perawatannya cukup dibersihkn menggunakan penyedot debu atau dengan dry cleaning.

Nilon

Nilon berada satu tingkat di atas polipropilen. Sama-sama terbuat dari plastik, namun terasa bagai wol.

Karpet jenis ini hadir dengan warna-warna yang mencolok. Perawatannya bisa dicuci dengan air, namun sebisa mungkin tetap gunakan bantuan pencuci profesional semisal binatu ternama. (Wit)

Bagikan: 1250 kali