OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Manfaat Taman Belakang Rumah

12 Oktober 2023 · 2 min read Author: Dyah Saraswati

White bench with the bush Background

Kehadiran taman belakang pada rumah seringkali kurang diperhatikan. Beberapa dari Anda mungkin merenovasi taman belakang menjadi kamar tambahan, dapur, atau ruangan lain. Hal tersebut jika tidak dipertimbangkan secara matang dapat megakibatkan sirkulasi udara dan pencahayaan rumah jadi terganggu.

Beberapa dari Anda mungkin saja malas merawat taman belakang, sehingga terbengkalai dan ditumbuhi tumbuhan liar. Hal ini sangat disayangkan, karena sesungguhnya taman belakang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat taman belakang:

Lahan Serapan Air

Tanah di taman belakang dapat menjadi lahan serapan air ketika hujan tiba, sehingga Anda pun turut memberi sumbangan kepada kelestarian lingkungan.

Rumah Jadi Lebih Indah

Tumbuh-tumbuhan yang terdapat di taman belakang, yakni bunga dan berbagai aksesori taman akan membuat keseluruhan rumah menjadi lebih cantik dan indah dipandang.

Rumah Lebih Sejuk

Kehadiran taman belakang yang memberikan ruang terbuka bagi rumah, dapat membuat sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih baik. Alhasil rumah menjadi sejuk. Dengan sirkulasi yang baik, penghuni rumah akan merasa nyaman tanpa perlu menyalakan AC. Selain sehat, hal ini juga bisa menghemat listrik.

Pencahayaan yang Baik

Adanya taman yang merupakan ruang terbuka di bagian belakang rumah Anda, dapat memberikan pencahayaan yang baik terhadap rumah. Penghuni tak perlu menyalakan lampu saat siang.

Tempat Bersantai

Kehadiran taman dapat memengaruhi suasana psikologis penghuninya. Taman dapat memberi kesan kesegaran dan suasana santai. Bersantai di taman, memandangi taman yang indah, menghirup segarnya udara akan membantu menghilangkan kepenatan para penghuni rumah.

Rumah Jadi Lebih Sehat

Pepohonan dan tumbuhan yang ditanam akan memberi asupan oksigen yang menyegarkan dan menyehatkan untuk pernapasan para penghuni rumah. Tanaman yang ada juga dapat mengurangi debu masuk ke dalam rumah, sehingga rumah menjadi lebih bersih dan sehat.

(Wit)


Tag: , , ,