Mandi dengan shower atau bak mandi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing - Rumah123.com Mandi dengan shower atau bak mandi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing - Rumah123.com

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel. Ada yang lebih suka mengguyur air dari gayung, ada juga yang suka mandi di bawah pijatan air yang mengalir dari shower.

Tentu saja, kamu bebas memilih yang mana, sesuai dengan preferensimu. Tapi jika keduanya dibandingkan, mana yang lebih hemat, lebih cepat, lebih ramah lingkungan, hingga lebih efektif dalam membersihkan tubuh? Coba kita bandingkan bersama-sama yuk!

Membandingkan shower kamar mandi vs gayung

Dilihat dari segi waktu dan keuangan

Banyak yang mengira penggunaan shower kamar mandi hanya cocok untuk rumah-rumah modern saja. Padahal, harga shower beserta instalasinya bisa dibilang sama saja dengan harga membangun bak kamar mandi. Apalagi jika dilihat dari waktu dan biaya, menggunakan shower jauh lebih hemat waktu dan hemat air dibandingkan menggunakan gayung. Mandi di bawah pancuran shower hanya menghabiskan waktu 10 menit.  

Shower sendiri dapat memompa hingga 9,5 liter per menit. Jadi saat membersihkan badan dalam 10 menit saja, kamu hanya akan membuang air sekitar 95 liter. Sedangkan ketika menggunakan gayung, kira-kira kamu membutuhkan waktu 7,5 menit untuk mengisi bak mandi hingga penuh dengan keran air berdaya 23 liter per menit. Total air yang digunakan kurang lebih sebanyak 172,5 liter. 

Dilihat dari segi kebersihan

Volume air yang keluar dari shower tak sebanyak gayung. Karena ini, membersihkan tubuh menjadi lebih efektif ketika menggunakan gayung karena volume air yang besar bisa meluruhkan kotoran dari tubuh dengan lebih mudah. Jika dilihat dari segi kebersihan, mandi dengan gayung lebih unggul ketimbang shower. 

Dilihat dari segi kesehatan

Baik itu shower maupun gayung, keduanya punya plus minus untuk kesehatan. Ketika menggunakan shower, otot tangan menjadi lebih terlatih. Bagi mereka yang kondisi fisiknya masih prima, tentu hal ini merupakan kelebihan yang bisa memberikan manfaat.

Namun untuk orang-orang lanjut usia yang kondisi fisiknya sudah tak prima, bolak-balik menciduk air akan membuat tangan menjadi cepat lelah. Volume air di dalam gayung juga berbahaya untuk orang yang memiliki masalah punggung. 

Kamu tim mandi pakai shower atau tim mandi pakai gayung?

Nah, itu dia perbandingan mandi menggunakan shower dan gayung. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain mempertimbangkan preferensi, pertimbangkan juga ya ketiga hal di atas sebelum memilih mana yang harus diaplikasikan di kamar mandi hunianmu! Jadi, kamu tim mandi pakai shower atau pakai gayung?

Bagikan: 2085 kali