Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Sebuah kota akan semakin dicintai warganya bila selalu menyediakan fasilitas pelayanan yang komplet. Lebih-lebih bila pelayanan tersebut bisa dilakukan semua dalam satu gedung. Hal ini baru saja terjadi di Kota Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, baru saja meresmikan Mal Pelayanan Publik yang terletak di Jalan HR Rasuna Said, Kavling C-22, Setiabudi, Jakarta Selatan

"Kami sediakan 12 lantai di sini dan 3 lantai digunakan khusus untuk pelayanan. Lantai yang lain digunakan untuk back office kami," kata Djarot seperti dikutip Kompas.com, Kamis (12/10/2017).

Mal Pelayanan Publik ini dibangun dengan tujuan memberikan kemudahan, transparansi, dan kecepatan layanan kepada masyarakat Jakarta yang ingin mengurus berbagai jenis perizinan.

Baca juga: Trotoar Ramah High Heels, Bikin Jalan Kaki di Ibu Kota Kian Asyik

Menurut Djarot, Pemprov DKI siap untuk menambah satu lantai lagi untuk ruang pelayanan. Mal Pelayanan Publik ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Juga bekerja sama dengan unit pelayanan publik lain di Jakarta, baik tingkat pusat, daerah, BUMN, BUMD, dan juga swasta.

Dengan adanya mal ini, beragam perizinan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan Pemprov DKI bisa diurus di satu tempat. Unit pelayanan publik yang ada di mal ini di antaranya: Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Imigrasi, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Kanwil BPN.

Baca juga: Yellow Line di Jalur Pedestrian, Upaya Bikin Jakarta Ramah bagi Disabilitas

Juga Provinsi DKI Jakarta, Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Metro Jaya, Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKIJakarta, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Jasa Raharja, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta, PT PLN (persero) Distribusi Jakarta Raya, dan Bank DKI.

Ruang pelayanan pada mal ini terdiri atas 3 lantai.

Lantai pertama: counter pelayanan yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI, layanan difabel, layanan ekspres, self setervice counter, dan loket pengambilan.

Lantai dua: counter pelayanan dari DPMPSTP, ruang prioritas, ruang konsultasi, self service counter, pojok testimoni, dan Bank DKI.

Lantai tiga: ruang pelayanan unit-unit pelayanan dari kementerian, lembaga negara, BUMN, dan BUMD.

Buat kamu warga Kota Jakarta atau kamu yang berniat beli hunian di Kota Metropolitan ini, beruntunglah atas kehadiran Mal Pelayanan Publik ini. Banyak waktu dan energi yang bisa dihemat kalau mengurus perizinan bangunan atau yang lain-lainnya hanya di satu tempat, bukan? Ga perlu bolak-balik ke sana ke mari.

 
Bagikan:
1789 kali