Sejumlah Desainer Produk dari Korea Selatan Mendesain Ambulan yang Memanfaatkan Pembatas Jalan Bebas Hambatan (Foto: Rumah123/Designboom)

Kemacetan terjadi di mana saja. Hal ini bisa membuat ambulan kesulitan untuk mencapai lokasi kecelakaan. Sejumlah desainer produk terinspirasi membuat ambulan yang bisa melaju tanpa terhalang macet.

Designboom melansir bahwa empat desainer produk asal Korea Selatan yaitu Hong Seonghwan, Lee Hyungtaek, Lee Taekkyung, dan  Song Yoojin berkolaborasi merancang ambulan dengan roda ala monorail. Rancangannya memang baru sebatas konsep. Nama desain ini adalah median ambulance.

Saat jam sibuk, layanan darurat seperti ambulan sangat sulit untuk mencapai lokasi kecelakaan di jalan tol atau jalan bebas hambatan. Hal ini terjadi lantaran macet yang bisa terjadi selama berjam-jam.

Baca juga: Uniti, Mobil Mungil yang Pas Buat Garasi Rumah Sempit Kamu

Kalau ingin mengirimkan ambulan, caranya adalah kendaraan tersebut harus melawan arus hingga bisa sampai di tujuan.

Untuk mengatasi masalah ini, para desainer membuat layanan darurat berupa ambulan yang bisa memanfaatkan jalur khusus berupa pembatas jalan. Bentuk ambulan ini memang seperti kereta monorail.

Biasanya jalan bebas hambatan memiliki pembatas beton yang besar dan tinggi. Hal ini bisa menjadi platform untuk ambulan monorail.

Baca juga: Mobil Listrik Ini Bisa Parkir Sendiri, Bisa Isi Baterai Sendiri Juga Lho

Ambulan monoral ini tidak bakal terpengaruh oleh kemacetan. Ambulan melaju di atas pembatas jalan sehingga layanan medis bisa sampai di tujuan dengan cepat.

Ambulan ini memiliki pintu geser pada kedua sisi. Para desainer merancang agar tenaga kesehatan bisa mudah untuk keluar masuk ambulan.

Mereka juga mendesain ambulan monorail ini bisa memuat sopir dan asisten. Ambulan ini juga mempunyai ruang yang lapang untuk pasien atau korban.

Baca juga: Ga Perlu Punya SIM Buat Kendarai Mobil Listrik Ini Lho

Bagikan: 661 kali