OK

Luhut: Utang Indonesia Hanya Rp7.000 Triliun, Terkecil di Dunia

10/08/2022 by Reyhan Apriathama

Luhut Utang Indonesia Hanya Rp7.000 Triliun

Luhut kembali membuat heboh karena menyebut utang Indonesia ‘hanya’ Rp7.000 triliun. Ternyata inilah guna dari utang tersebut.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini cenderung sangat masif, bukan hanya di wilayah Jawa saja namun juga menyebar di wilayah lain.

Tujuan infrastruktur tersebut pastinya untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lainnya dengan mudah secara efektif dan efisien.

Meski pembangunan infrastruktur tidak mudah dan murah, namun Pemerintah telah mengupayakan sokongan dana dari berbagai cara, mulai dari APBN, dukungan pihak swasta, hingga mengunakan utang.

Baru-baru ini, diketahui bahwa utang Indonesia untuk pembangunan infrastruktur mencapai Rp7.000 triliun. 

Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan hal tersebut sembari berpendapat bahwa nominal tersebut termasuk kecil. 

Luhut: Utang Indonesia Rp7.000 Triliun tapi Produktif untuk Bangun Jalan Tol

Luhut Binsar Panjaitan dan Utang Negara

Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden

Meski utang Indonesia Rp7000 triliun, namun hal tersebut dialokasikan secara produktif untuk pembangunan infrastruktur jalan tol.

Hal tersebut dilontarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan bahwa orang bilang ada utang Rp7,000 triliun tetapi bersifat produktif.

Luhut menjelaskan bahwa proyek infrastruktur jalan tol nantinya akan membayar utangnya sendiri sehingga tetap menguntungkan untuk investasi jangka panjang.

Hal tersebut dianalogikan seperti utang yang akan dikembalikan kepada orang yang memberikan pinjaman lunak. 

Utang Indonesia Rp7.000 Triliun Terkecil di Dunia 

Luhut utang negara Indonesia

Sumber: YouTube/CNBC Indonesia

Besaran utang Indonesia yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang mencapai Rp7,000 triliun diklaim menjadi salah satu yang paling kecil dibandingkan dengan negara lainnya di dunia.

Pasalnya, Luhut mengklaim bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan utang terkecil karena hanya 40% dari rasio Produk Domestik Bruto.

Ia juga membandingkannya dengan negara maju yang memiliki utang hingga 100% dari PDB, sehingga bisa dikatakan terjaga dari ancaman resesi.

Terkait utang Indonesia Rp7,000 triliun untuk infrastruktur, Pemerintah juga telah menghitung pengembalian investasi dalam proyek pembangunan jalan tol sehingga menimbulkan minat yang baik dari pihak swasta. 

Itulah beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui mengenai kebutuhan utang Indonesia yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol. 

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Reyhan Apriathama

Reyhan Apriathama

Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.