Kereta api ringan (LRT) saat melintas menuju Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, dari Depo Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (12/9/2018). Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

LRT (Light Rail Transit) Jakarta sudah diuji-coba pada 15 Agustus-14 September 2018, dari Kelapa Gading (Jakarta Utara) hingga Velodrome (Jakarta Timur) sepanjang 5,8 kilometer. Kalau kamu ingin menggunakan transportasi umum ini untuk mobilitasmu di Kota Jakarta, harap sabar hingga awal 2019 nanti.

Progres proyek LRT ini sekarang sudah sampai tahap finishing. Pemasangan lampu, pengetesan fasilitas (lift dan eskalator), dan lain-lainnya. Secara keseluruhan, pengerjaan proyek Stasiun LRT Jakarta ini sudah mencapai 92%. Dari 6 stasiun yang dibangun sejak 2016, secara keseluruhannya selesai pada akhir November 2018.

Baca juga: Rame-Rame Nyobain LRT Perdana

Enam stasiun yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian yakni Stasiun Velodrome, Stasiun Equistrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Bolevard Selatan, Stasiun Bolevard Utara, dan Depo Kelapa Gading.

"Sekarang itu lagi finishing arsitektur dan finishing mechanical electrical. Jadi finishing pemasangan siling, pemasangan alumunium komposit di panel stasiunnya," kata Direktur Proyek LRT Jakarta, anak perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin, seperti dikutip Detik.com, Rabu (9-10-2018).

 
Selama masa uji-coba, para penumpang yang menjajal kereta LRT cukup mengisi daftar tamu yang sudah disediakan, setelah itu diberikan stiker uji-coba selama tempat masih tersedia. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

Menurutnya, saat ini sedang dikerjakan pemasangan beberapa peralatan kecil di sepanjang jalur LRT Velodrome-Kelapa Gading. Ada enam stasiun yang saat ini tengah dipasang beberapa peralatan dan jaringan listrik yang ditargetkan selesai pada November 2018.

"Mekanikal elektrikal itu pemasangan di equipment-equipment kecil. Seperti untuk di toilet, lampu-lampu. Sebenarnya kecil-kecil sih cuma kan itu ada berapa titik,” katanya.

Baca juga: 20 LRT City Bakal Berdiri, Kamu Jangan Ketinggalan Beli

Uji-coba pada beberapa perangkat besar seperti pembatas peron eskalator sampai lift juga dilakukan berbarengan dengan penyelesaian yang kecil-kecil tersebut..

"Paralel kami melakukan comisioning test kepada sistem-sistem yang ada. Kemudian soal pemasangan pagar pembatas peron, pagar pembatas kereta juga sedang kami lakukan. Kemudian eskalator, pemasangan lift," kata dia.

Bagikan: 995 kali