LRT Jakarta- Rumah123.com LRT Jakarta Kembali Melakukan Uji Publik Sebelum Beroperasi Secara Komersial. Saat Ini, LRT Jakarta Baru Memiliki Satu Rute Antara Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun (Foto: Rumah123/Getty Images)

PT LRT Jakarta akan kembali melakukan simulasi uji publik pada 11-21 Juni 2019. Uji ini dilakukan sebelum LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) beroperasi secara komersial.

Sebelumnya, LRT Jakarta sempat mengadakan uji coba pada 4-17 Maret 2019 lalu. Namun, uji coba kali ini lebih berbeda dibandingkan dengan uji coba pertama.

Seperti dikutip dari situs berita Kompas.com, Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta, Melisa Suciati menyatakan bahwa uji publik LRT yang kedua ini bertujuan sebagai ajang simulasi sebelum beroperasi komersial.

Baca juga: MRT dan LRT Bakal Disubsidi, Kamu Bisa Menang Banyak Nih Hemat Ongkos ke Kantor

Hal ini menjadi tahap pengecekan lanjutan terkait kesiapan operasional LRT Jakarta. Operator sudah melakukan penyempurnaan sistem yang dilakukan oleh pihak internal.

“Kalau sekarang, kita buka ke publik untuk melihat apakah sudah sempurna, apa yang perlu diperbaiki sebelum nanti berjalan komersial,” ujar Melisa. Dalam uji coba LRT yang kedua ini masih gratis untuk masyarakat.

LRT Jakarta akan menguji coba lintas Kelapa Gading, Jakarta Utara hingga Velodrome, Jakarta Timur yang memiliki panjang sejauh 5,8 kilometer.

Baca juga: Sering Macet Panjang, Pembangunan LRT dan Kereta Cepat Disetop Sementara

Uji coba kedua ini lebih menyeluruh. Salah satu perbedaan dengan uji coba pertama adalah para penumpang bisa naik dan turun di lima dari enam stasiun layang yang ada di lintasan rute ini.

Melisa menyatakan penumpang bisa naik dan turun di Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian/Pacuan Kuda, dan Velodrome Rawamangun. Hanya satu stasiun yang tidak bisa untuk naik dan turun yaitu Pegangsaan Dua. Operator juga ingin menguji coba kesiapan stasiun-stasiun.

PT LRT Jakarta tidak membatasi jam operasional uji publik ini. LRT Jakarta akan beroperasi seperti saat beroperasi secara komersial yaitu pukul 05.30 sampai 23.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat).

Baca juga: Kalau Sudah Tahu Jalur LRT Jabodebek, Yuk Buruan Beli Rumah di Cibubur atau Bekasi

Sampai saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum memutuskan kapan LRT Jakarta akan beroperasi secara komersial. Sebelumnya, LRT Jakarta sempat dijadwalkan beroperasi saat penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Namun, jadwal operasionalnya tertunda beberapa kali hingga 2019 ini. Hal ini berbeda dengan MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) yang sudah beroperasi secara komersial.

LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome ini merupakan fase pertama. Selanjutnya, akan ada fase kedua yang menghubungkan Velodrome-Tanah Abang dengan rute sepanjang 11,8 kilometer.

Baca juga: LRT Akan Dibangun di Surabaya, Yuk Siap-siap Investasi Properti di Jawa Timur

Selain LRT Jakarta, juga ada LRT Jabodebek. Sejumlah rute akan menghubungkan Jakarta dengan kawasan penyangga seperti Bogor, Depok, dan Bekasi.

LRT juga telah beroperasi di ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang. LRT ini sudah beroperasi saat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Bagikan: 573 kali