lrt jakarta- rumah123.com Ilustrasi LRT. Rute LRT Jakarta Akan Diperpanjang Sampai Ke Manggarai, Jakarta Selatan dan Jakarta International Stadium, Jakarta Utara. Saat Ini, Rute LRT Baru Menjangkau Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pembangunan LRT Jakarta fase II akan mulai dibangun pada awal 2020. Rutenya mencapai ke Manggarai dan juga ke Jakarta International Stadium.

LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jakarta fase I dengan rute Pegangsaan Dua-Velodrome Rawamangun telah beroperasi secara komersial mulai Ahad (1/12/2019). Sebelumnya, LRT Jakarta ini menjalani uji coba selama enam bulan.

Kereta layang ini memiliki enam stasiun. Seluruh stasiun itu adalah Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome Rawamangun.

Baca juga: LRT Jabodebek Pasang Long Span di Dukuh Atas, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

LRT Jakarta fase I memiliki rute sepanjang 5,7 km. Waktu operasional kereta layang ini dimulai pada pukul 05.30 WIB (Waktu Indonesia Barat) hingga 22.30 WIB. Tarif kereta hanya Rp5.000 flat untuk setiap penumpang per perjalanan.

Setelah beroperasinya fase I, LRT Jakarta fase II akan segera dibangun. Laman berita online Kumparan.com menyitir pernyataan Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko. PT LRT Jakarta merupakan operator LRT Jakarta.

Wijanarko menyatakan bahwa tahapan selanjutnya adalah membangun LRT fase II A. Rutenya adalah Kelapa Gading/Pegangsaan Dua-Jakarta International Stadium (JIS).

Baca juga: LRT Jakarta Resmi Beroperasi Secara Komersial, Tarif Flat Rp5.000

Rute selanjutnya adalah rute II B. Rute ini menghubungkan Velodrome Rawamangun dengan Manggarai. Pembangunan rute Kelapa Gading-Jakarta International Stadium akan dimulai pada awal 2020.

Sebelum melakukan proses pembangunan, ada tahap studi kelayakan atau feasibility study. Wijanarko melanjutkan proses tahapan ini cukup banyak termasuk penunjukan kontraktor.

LRT Jakarta Fase II Memiliki Dua Rute

Pembangunan LRT Jakarta fase II ini mempunyai dua rute. Rute pertama adalah Pegangsaan Dua-Jakarta International Stadium. Jalur ini memiliki rute sepanjang 5,8 kilometer (km).

Rute ini menghubungkan Depo Pegangsaan Dua dengan stadion baru milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Rencananya stadion ini akan menjadi home base dari klub kebanggaan ibu kota Persija Jakarta.

Jakarta International Stadium dibangun di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Stadion mempunyai kapasitas penonton hingga 82.000 orang. Stadion ini didesain megah seperti halnya stadion-stadion di Eropa.

Baca juga: Atasi Kemacetan, Pemerintah Berencana Bangun LRT Hingga Kawasan Puncak

Stadion ini berdiri di sebuah kawasan seluas 30 hektare. Nantinya, ada sejumlah fasilitas olahraga lainnya di kawasan ini.

Rute kedua adalah Velodrome Rawamangun-Manggarai. Namun, situs berita online Sindonews.com pernah melansir bahwa rute fase II B ini adalah Velodrome-Tanah Abang.

Panjang rute ini mencapai 11,8 kilometer. Rencananya, rute ini akan memiliki sejumlah stasiun di Sunan Giri, Pramuka Raya, Pasar Genjing, Matraman, Manggarai, Guntur, Dukuh Atas, Karet, Kebon Kacang, dan Tanah Abang.

Baca juga: LRT Jabodebek Tahap II Akan Dimulai, Rutenya Cibubur-Sentul-Bogor

Sekedar informasi, Dukuh Atas akan menjadi kawasan pertemuan sejumlah transportasi publik. Kawasan ini mempertemukan MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) Jakarta, LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi), KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line, BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta, hingga Railink Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

LRT Jabodebek sendiri akan memiliki tiga lintas. Lintas tersebut adalah Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas.

LRT pertama yang beroperasi di Indonesia adalah LRT Palembang di Sumatera Selatan. LRT ini beroperasi bersamaan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Baca juga: Dapat Subsidi 50 Persen, Tarif LRT Jabodebek Lintas Cibubur-Dukuh Atas Rp12 Ribu

Bagikan: 1110 kali