Ilustrasi LRT (Light Rail Transit). Pengelola LRT Jakarta, PT LRT Jakarta Melakukan Uji Coba Atau Full Trial Run LRT Sebelum LRT Diresmikan dan Beroperasi Secara Komersial. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Belum Mengungkapkan Peresmian LRT (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengelola LRT (Light Rail Transit) Jakarta, PT LRT Jakarta melakukan full trial run untuk LRT jelang beroperasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sejumlah risiko. Hmm, pasti kamu nggak sabar untuk bisa naik LRT saat beroperasi secara komersial.

Saat ini, LRT Jakarta baru menyelesaikan satu rute yaitu Kelapa Gading, Jakarta Utara menuju Rawamangun, Jakarta Timur. Rute ini memiliki panjang 5,8 kilometer.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Manajer Humas PT LRT Jakarta Melisa Suciati menyatakan bahwa full trial run ini dilakukan mulai dari Senin (22/04/2019). Uji coba ini berlangsung hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan LRT Jakarta.

Baca juga: Kalau Sudah Tahu Jalur LRT Jabodebek, Yuk Buruan Beli Rumah di Cibubur atau Bekasi

Uji coba ini melibatkan petugas yang ada di lapangan. Hal ini dilakukan agar mereka semakin familiar dengan sistem yang ada.

Selain itu, full trial run diselenggarakan untuk mengevaluasi SOP (standard operating procedure) dan juga perbaikan lain yang dibutuhkan. Pelaksanaan uji coba ini untuk meminimalisasi munculnya risiko yang bisa menghambat kelancaran operasional.

Jadwal peresmian LRT Jakarta memang belum ditentukan. Gubernur DKI Jakarta sempat menyatakan tidak akan terburu-buru dalam menentukan jadwal peresmian. Dia ingin semuanya siap sebelum diresmikan.

Baca juga: LRT Jabodebek Akan Diuji Coba Pada Juli 2019, Siap-siap Ya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) DKI Jakarta telah menetapkan tarif LRT Jakarta sebesar Rp5.000. Tarif ini flat.

Wah, kamu harus sabar menanti pengoperasian LRT Jakarta ini. Nantinya, LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Rawamangun ini akan terkoneksi dengan Transjakarta di kawasan Pemuda, Rawamangun.

Jika kamu berkantor di kawasan Sudirman-Thamrin, kamu bisa melanjutkan perjalanan dari Rawamangun menggunakan Transjakarta untuk transit di area Dukuh Atas. Hmm, enak ya kalau transportasi massal saling terintegrasi. Makanya cari rumah yang dekat dengan akses transportasi massal ya.

Baca juga: LRT Akan Dibangun di Surabaya, Yuk Siap-siap Investasi Properti di Jawa Timur

Bagikan: 759 kali