LRT Jabodebek- Rumah123.com PT Adhi Karya Persero Tbk Menargetkan Bahwa LRT Jabodebek Akan Beroperasi Pada 2021. Saatnya Untuk Membeli Rumah di Kawasan Terkoneksi LRT Seperti Cibubur dan Bekasi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Operator LRT Jabodebek, PT Adhi Karya menargetkan LRT Jabodebek akan beroperasi pada 2021 mendatang. Sebelum transportasi massal ini beroperasi, saatnya kamu generasi milenial berburu rumah di Bekasi atau Cibubur.

Hingga pertengahan Juni 2019, perkembangan pembangunan LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) sudah telah mencapai 62,6 persen.

Situs Kompas.com mengutip pernyataan Corporate Secretary PT Adhi Karya, Ki Syahgolang Permata yang mengungkapkan bahwa lintas pengerjaan LRT Jabodebek dibagi dalam tiga pengerjaan. LRT Jabodebek ini dibangun sejak 2015 lalu.

Baca juga: Ada Proyek LRT Jabodebek, Jalan Setiabudi Tengah Ditutup Hingga September 2020

Pembangunan prasaraa LRT Jabodebek tahap I sudah mencapai 62,6 persen. Lintas pelayanan 1 yang mencakup rute Cawang-Cibubur telah mencapai 82,3 persen.

Lintas pelayanan 2 yaitu Cawang-Kuningan-Dukuh Atas telah mencapai 51,5 persen. Sedangkan lintas pelayanan 3, Cawang-Bekasi Timur telah mencapai 56,6 persen.

Pengerjaan proyek LRT Jabodebek ini ditargetkan selesai pada Juli 2020. LRT Jabodebek memerlukan uji coba selama enam bulan. Kereta layang ini dijadwalkan beroperasi efektif pada 2021 mendatang.

Baca juga: Tingkatkan Minat Penumpang, LRT Palembang Tambah Jumlah Perjalanan

Salah satu yang menjadi kendala pembangunan prasarana LRT Jabodebek ini adalah pembebasan lahan seluas 12 hektare di Bekasi Timur. Lahan ini diperuntukkan untuk depo LRT.

Sementara CNN Indonesia mengutip pernyataan Direktur Operasional II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata yang mengatakan pembebasan lahan depo di Bekasi Timur baru mencapai sekitar 2,1 hektare hingga Mei 2019.

Pembebasan lahan memakan waktu lama lantaran proses pembebasan yang rumit mulai dari pendataan, pengukuran tanah, musyawarah, kelengkapan dokumen, dan lain-lain. Sebenarnya, konstruksi depo LRT dijadwalkan dimulai setelah Idul Fitri 2019.

Baca juga: Rute LRT Jakarta Akan Diperpanjang, Ke Mana Saja Ya?

Seperti dikutip dari laman resmi LRT Jabodebek, lrtjabodebek.com, jalur Cawang-Bekasi Timur memipunyai rute sepanjang 18,5 kilometer. Jalur ini memiliki tujuh stasiun yaitu Jati Mulya, Bekasi Barat, Cikunir 1, Cikunir 2, Jati Bening Baru, Halim, dan Cawang.

Jalur Cibubur-Cawang memiliki rute sepanjang 14,5 kilometer. Jalur ini hanya mempunyai lima stasiun yaitu Harja Mukti, Ciracas, Kampung Rambutan, Taman Mini, dan Cawang.

Satu jalur lainnya adalah Cawang-Dukuh Atas. Cawang-Dukuh Atas mempunyai rute sepanjang 11,5 kilometer. Rute ini mempunyai tujuh stasiun yaitu Cawang, Ciliwung, Cikoko, Kuningan, Rasuna Said, Setia Budi, dan Dukuh Atas.

Baca juga: LRT Sumut Dibangun Mulai 2020, Yuk Investasi Properti di Medan

Bagi kamu yang sedang mencari hunian, segera cari rumah atau apartemen di Bekasi atau Cibubur. Kalau tidak terkoneksi stasiun LRT, setidaknya jarak hunian ke stasiun cukup dekat. Tentunya supaya kamu tidak merogoh dana lebih banyak untuk pergi ke kantor.

Kamu harus segera mencari rumah di dua kawasan ini lho. Biasanya, setelah akses transportasi selesai, harganya akan melambung. Kamu bakal semakin kesulitan untuk membelinya.

Bagikan: 1274 kali