Ilustrasi Light Rapid Transit (LRT). Adhi Karya Berencana Menguji Coba LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) Pada Juli 2019 Mendatang (Foto: Rumah123/Getty Images)

PT Adhi Karya Tbk masih terus mengerjakan pembangunan LRT (Light Rapid Transit) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi). Adhi Karya berencana untuk melakukan uji coba LRT Jabodebek pada Juli 2019 mendatang.

Saat ini, proyek pembangunan LRT Jabodebek Lintas 1 masih terus dikebut. Pada Lintas Pelayanan 1 ini ada tiga jalur LRT.

Tiga jalur ini adalah Cibubur-Cawang, Bekasi-Cawang, dan Dukuh Atas-Cawang. Cawang akan menjadi area transit LRT.

Baca juga: Sering Macet Panjang, Pembangunan LRT dan Kereta Cepat Disetop Sementara

Sementara Dukuh Atas akan menjadi tempat integrasi LRT dengan sejumlah transportasi massal lainnya. Depo LRT Jabodebek direncanakan berada di Bekasi.

Jalur pertama yang akan menjalani uji coba adalah Cibubur-Cawang. Proses konstruksi jalur ini hingga akhir Maret 2019 sudah mencapai 79 persen.

“Pada Bulan Juli nanti, antara Cawang-Cibubur ini sudah ada kereta yang diuji coba. Jadi, secara bertahap akan diadakan tes-tes yang dilakukan dan akan kita selesaikan,” ujar Direktur Utama PT Adhi Karya Budi Harto seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: Kenapa Sih Jadwal Operasional LRT Kembali Tertunda

Budi menyatakan kalau jalur ini akan menjalani proses uji coba tanpa batasan waktu hingga akhirnya LRT dinyatakan siap beroperasi. Biasanya memang ada sejumlah uji coba sebelum transportasi massal beroperasi secara komersial.

Jalur Cibubur-Cawang ini memiliki panjang rute 14,5 kilometer. Walaupun terbilang jauh, namun hanya lima stasiun dalam jalur ini yaitu Harja Mukti, Ciracas, Kampung Rambutan, Taman Mini, dan Cawang.

Sebelumnya, Adhi Karya juga pernah mengungkapkan kalau pengerjaan konstruksi fisik LRT akan diselesaikan pada 2019. LRT direncanakan beroperasi secara komersial pada akhir 2020 atau pertengahan 2021.

Baca juga: Kalau Sudah Tahu Jalur LRT Jabodebek, Yuk Buruan Beli Rumah di Cibubur atau Bekasi

Hmm, mungkin saat uji coba nanti, masyarakat belum bisa ikut serta lantaran masih terbatas. Operator biasanya masih menguji rute, jalan, kereta, listrik, dan lainnya.

Tapi, kamu sudah bisa memulai fase lainnya nih. Saatnya kamu untuk mencari hunian yang terkoneksi dengan LRT. Apakah kamu akan menempatinya atau memilih berinvestasi, apa banyak keuntungan memiliki properti dengan kemudahan konektivitas.

Bagikan: 1136 kali