Ilustrasi LRT. Pemerintah Provinsi Jawa Timur Berencana Membangun Light Rail Transit (LRT) di Surabaya. Surabaya dan Sekitarnya Atau Gerbang Kertasusila Memiliki 10 Juta Penduduk Namun Tidak Memiliki Transportasi Massal (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melakukan studi untuk membangun transportasi massal Light Rail Transit (LRT) di Surabaya. Jika Kementerian Perhubungan menyetujuinya, kira-kira kamu tertarik pindah ke Surabaya atau berencana berinvestasi properti di sini?

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Namun, tidak seperti Jakarta, Surabaya belum memiliki transportasi massal.

Situs Kompas.com melansir pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Fattah Jasin bahwa konsep LRT sudah komplet dan hanya menunggu keputusan Kemenhub. Dia menjelaskan kalau selama ini Surabaya tidak mempunyai angkutan massal.

Baca juga: MRT dan LRT Bakal Disubsidi, Kamu Bisa Menang Banyak Nih Hemat Ongkos ke Kantor

Padahal Surabaya dan daerah sekelilingnya sudah dihuni oleh 10 juta jiwa. Kalau Jakarta punya Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), maka Surabaya memiliki Gerbang Kertasusila.

Nama ini merupakan singkatan dari Gresik Bangkalan Mojokerto Surabaya Sidoarjo Lamongan. Area ini mencakup sejumlah kota dan kabupaten.

Pembangunan jalur LRT di Surabaya ini direncanakan melayang. Selama ini, buka tutup perlintasan sebidang semakin sering dan bisa menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Kalau Sudah Tahu Jalur LRT Jabodebek, Yuk Buruan Beli Rumah di Cibubur atau Bekasi

LRT juga diproyeksikan bisa menjangkau dan menghubungkan sejumlah obyek vital di Surabaya seperti Bandara Internasional Djuanda, kawasan MERR (Middle East Ring Road), dan Jalan Gubeng. Kawasan-kawasan ini memang sering dilewati orang.

Fattah juga menyatakan saat ini kemacetan yang terjadi pada pagi hari dan sore hari di Surabaya sulit diurai lantaran penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, ojek online, dan bus umum. Transportasi massal seperti LRT memang diperlukan.

Saat ini, LRT baru ada di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. LRT di ibu kota terbagi antara LRT Jakarta dan LRT Jabodebek.

Baca juga: LRT Jabodebek Akan Diuji Coba Pada Juli 2019, Siap-siap Ya

Wow, kalau rencana Surabaya membangun LRT mendapatkan persetujuan Kemenhub, mungkin kamu tertarik untuk berinvestasi properti di kota Pahlawan ini?

Saat sebuah daerah terkoneksi transportasi massal, harga properti akan melambung lho. Jadi buruan berinvestasi properti di Surabaya.

Bagikan: 1289 kali