Perusahaan Jepang, Groove X Mendesain Lovot, Robot yang Menyenangkan di Rumah (Foto: Rumah123/Designboom/Lovot)

Lovot merupakan robot yang menyenangkan, teman yang asyik, dan didesain untuk memunculkan rasa sentuhan antara pengguna dengan robot. Buat kamu yang kesepian di rumah, mungkin tertarik untuk membeli.

Perusahaan teknologi asal Jepang, Groove X mendesain robot rumah terbaru, Lovot. Pengembangannya memakan waktu tiga tahun.

Groove X mengembangkan konsep Lovot sebagai “robot dengan cinta kecil yang bisa mengubah dunia”. Lovot menggunakan beberapa sensor dan kamera yang mampu mengenali suara dan merekam suasana sekitar.

Baca juga: Kamu Mau Pelihara Robot di Rumah Ga? Kekinian Banget Lho

Perusahaan ini menggunakan teknologi berbasis kemampuan meningkatkan kemampuan kenyamanan dan perasaan cinta di antara pengguna dengan robot, dibandingkan kemampuan meningkatkan kenyamanan atau efisiensi.

Lovot bisa menggunakan sensor untuk membedakan manusia dengan benda. Robot ini menggunakan pemindai akurat untuk mengenelai seluruh ruangan dan menemukan sang pemilik dengan cepat.

Robot ini memiliki mata dengan enam lapisan proyeksi untuk menciptakan kesan mendalam. Sementara bagian luarnya dilapisi bulu yang dapat dicopot dan dicuci. Lapisan luarnya sangat sensitif. Ketika Lovot disentuh, robot ini akan terkejut atau meminta sentuhan lebih.

Baca juga: Mainan Ini Bikin Anak Pengen Merancang Robot, Yuk Beli!

Bentuk robot ini memang seperti bonek Teletubby. Robot ini bergerak dengan tiga roda. Sepasang mata dan suara membuat Lovot bisa berinteraksi dengan pengguna. Lovot bisa menunjukkan rasa terkejut, cinta, dan keinginan untuk disentuh.

Groove X menyatakan Lovot bukan merupakan robot yang membantu pekerjaan rumah manusia. Robot ini didesain untuk membuat orang merasa senang dengan karakter tidak berdosa, perilaku menyenangkan, dan rasa ingin dibelai.

Lovot sudah bisa dipesan dan akan dikirimkan pada pertengahan 2019. Harga satu unit mencapai USD 3.000 (Rp42 juta), sementara harga langganan sebulan USD 90 (Rp1,2 juta).

Baca juga: Kayak Apa Rasanya Makanan yang Disiapkan Robot?

Bagikan: 731 kali