Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Setelah ina-itu, dikabarkan bakal ada loope Line yang bisa mengurangi kemacetan Jakarta. Loope Line? Apalagi sih tuh? Loope Line adalah jalur kereta layang. Moda transportasi ini rencananya akan dikembangkan pemerintah bersama Pemprov DKI Jakarta.

Loope line kita dorong, diusahakan. Kita sedang bicara dengan DKI sebagai pemrakarsa. (Dalam waktu dekat) Mereka ajukan proposal,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip Kompas.com, Minggu (13-5-2018). Sekarang ini pemerintah terus mendorong badan usaha agar menjadi pemrakarsa proyek tersebut, kata Budi.

Baca juga: Uji-Coba Underpass Mampang, Ngarep Ga Ada Lagi Kemacetan

Emang kayak apa sih moda transportasi baru tersebut bisa mengurangi kemacetan di Jakarta? Menurut Budi, kereta layang tersebut bisa mengatasi permasalahan lintasan sebidang yang ada. Hal ini nantinya bakal meminimalisasi kemacetan dan kecelakaan yang terjadi.

"Loop line itu pada dasarnya meng-improve jalan lingkar Jakarta menjadi elevated supaya tidak ada lintasan sebidang. Oleh karena itu, kita akan kerja sama dengan DKI," kata Budi.

Baca juga: Orang Jakarta Terjebak Macet 22 Hari dalam Setahun! Pantesan Tua di Jalan

Menurutnya, konsep loope line atau kereta layang ini mirip dengan Light Rail Transit (LRT). Dia berharap proyek ini dapat segera terealisasi. "Kalau di lihat dari situasinya, baru bisa mulai tahun depan. Pengerjaannya dua sampai tiga tahun," kata Budi.

Nah, jangan khawatir perihal kemacetan Kota Jakarta, suatu saat nanti mungkin aja lho Ibu Kota tercinta ini bebas dari kemacetan di jalan-jalan rayanya.

 

Bagikan: 670 kali