Foto: Rumah123/iStock
 

Akhir tahun identik dengan liburan. Ya, siapa sih yang ga pengen liburan, kamu juga pastinya mau kan. Tapi, sudahkah kamu mempersiapkan dananya agar liburan ga jadi hal yang bikin kamu kesandung ‘batu besar’ kehidupan? Semisal kamu pake kartu kredit untuk dana liburan. Kecuali kalau kamu pake kartu kredit sebatas mempermudah transaksi dan mendapatkan nilai tambah dari merchand yang memberi diskon.

 

Kata perencana keuangan, jangan pake dana utangan apalagi cicilan untuk biaya liburan. Masuk akal sih, apalah artinya kamu bisa senang-senang liburan, tapi abis itu stres mikirin bayar cicilan utangnya.

 

Baca juga: Liburan Boleh Ga Bayarnya Nyicil? Kalau Beli Hunian Jelas Boleh Dong!

 

Beda lho dengan kalau kamu punya cicilan utang akibat beli rumah. Kamu payah-payah bayar cicilan, tapi pada akhirnya ada rumah yang kamu miliki. Nah, kalau kamu capek-capek bayar utang cicilan liburan, terus kamu dapat apa? Pengalaman? Iya sih, tapi pengalaman kan bisa kamu dapatkan setelah punya rumah, ya ga?

 

Akan tetapi, kalau kamu tetap mau pilih liburan juga, coba cek dulu keuanganmu dari 3 kondisi berikut ini agar kamu bisa iburan akhir tahun dengan tenang:

 

Pertama, dana liburan sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Kalau kamu ada di kondisi ini, segera aja mengeksekusi liburanmu karena dananya sudah kamu anggarkan terlebih dulu, jadi sudah ada.

 

Nah, coba alokasikan dana liburan yang sudah ada itu sesuai kebutuhan, semisal 20% untuk penginapan, 20% untuk transportasi, 30% untuk biaya makan, 15% untuk beli oleh-oleh dan 15% untuk biaya cadangan. Ga harus persis gitu sih, namun yang penting kamu punya ancer-ancernya. Jangan sampe kamu kekurangan dana saat di destinasi liburan.

 

Baca juga: Habiskan Semua Jatah Liburan di 2018 atau Mulai Nyicil Beli Rumah Ya?

 

Kedua, ada dana simpanan tapi belum mencukupi untuk membiayai liburanmu. Kalau ini kondisimu, ada 2 kemungkinan jalan keluarnya: Pertama, cari dana tambahan, semisal dari bonus akhir tahun atau dari sumber lain yang tidak mengganggu dana yang sudah ada pos-nya masing-masing. Kedua, liburannya kamu sesuaikan dengan dana yang ada. Jadi, kamu ga perlu memaksakan bentuk liburan di luar dana yang kamu punya sehingga jadi bebanmu setelah liburan.

 

Ketiga, ga ada dana sama sekali buat liburan. Sedih? Kecewa? Ah, jangan jadi baper gitu dong! Masih banyak kok cara bisa liburan tanpa biaya. Kumpul dengan keluarga atau teman-teman dekat di sekitar kawasan rumah, jalan-jalan atau nonton film seru di rumah, itu juga bisa jadi liburan yang berkesan.

 

Membersihkan rumah bersama, bersepeda bersama keliling komplek, memasak bersama menu-menu baru yang lezat. Ah, semuanya itu bisa bikin ‘happy’ juga lho! Tapi, syaratnya memang kamu harus punya rumah dulu. Kalau belum, berarti senang-senangnya di rumah orang dong!

Bagikan:
1731 kali