Ilustrasi Ngobrol dengan Tetangga (Rumah123/Apartment Therapy)

Usai libur Idul Fitri, ternyata ada lagi libur pilkada. Ya, pada hari Selasa (27/6/2018) ini, sejumlah daerah menggelar pemilihan kepala daerah seperti gubernur, bupati, atau walikota.

Buat para warga pinggiran Jakarta yang tinggal di Bekasi, Depok, Bogor, dan sekitarnya bakal ikut memilih Gubernur Jawa Barat yang baru. Siapa pilihan kamu?

Baca juga: Siapa Mau Beli Apartemen Mewah J.Lo? Kamu Bakal Bertetangga dengan Selebriti Lho

Pilkada ini sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk lebih mengenal tetangga lho. Buat kamu yang memiliki hak pilih, kamu akan mencoblos di tempat pemungutan suara terdekat.

Hayo siapa tetangga sebelah rumah? Buat kamu yang enggan bersosialisasi atau terlalu sibuk bekerja kantoran, yuk sesekali untuk ngobrol dengan tetangga.

Baca juga:  Mau Bertetangga dengan Oprah Winfrey? Beli Dulu Rumah Mewah Ini

Dalam sebuah penelitian di Inggris, generasi milenial enggan untuk bersosialisasi dengan tetangga. Mereka lebih suka berteman lewat media sosial, tetapi mereka ogah untuk menyapa orang yang baru.

Sebaliknya, generasi yang lebih senior malah lebih terbuka untuk menyapa tetangga. Mereka tidak sungkan untuk bicara basa basi.

Baca juga:  Pemain Baru FC Barcelona Coutinho Bakal Bertetangga dengan Lionel Messi

Hmm, penelitiannya memang di Inggris, tetapi kayaknya di Indonesia nggak jauh beda deh. Seberapa kenal kamu dengan tetangga? Siapa saja nama tetangga kamu dalam radius dua tiga rumah ke kanan dan ke kiri?

Banyak orang yang tidak mengenal tetangga. Mereka juga enggan ikut rapat RT, kerja bakti, ronda, atau kegiatan sosial lainnya.

Baca juga:  Gila Medsos, Milenial Ogah Gaul sama Tetangga. Tiati Gila Beneran!

Padahal tetangga itu penting lho. Kamu nggak pernah tahu kalau musibah seperti kebakaran atau kejahatan bisa terjadi di rumah kamu. Kalau hal ini terjadi, siapa yang kamu minta tolong pertama kali? Teman di media sosial atau rekan kantor?

Yang pasti tetangga akan bergerak lebih dulu. Mereka bakal menolong kamu dengan segera. Nah, makanya mumpung ada kesempatan untuk bersosialisasi, manfaatkan dong untuk bertegur sapa, ngobrol, basa basi dengan tetangga.

Bagikan: 228 kali