Foto: iStock Photo Foto: iStock Photo

Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata, sebagian orang pasti banyak memanfaatkan untuk berlibur panjang. Apalagi, ada beberapa perusahaan meliburkan seluruh karyawannya hingga awal tahun 2017.

Nah, kalau sudah libur panjang, jelas banyak memutuskan untuk berlibur ke luar kota bahkan ke luar negeri. Rumah yang di tempati, pastinya mungkin bakal kosong bukan? Sebelum berlibur, pastikan beberapa hal agar aman:

  • Matikan Air dan Gas

Sebelum pergi berlibur, cek dulu deh bagian dapur. Pastikan selang gas atau regulator gas dilepas selama bepergian agar aman dan terhindar dari bahaya kebakaran. Dan cek keran air, mungkin ada kebocoran. Jika menggunakan pompa air, sebaiknya dicopot saja dari stop kontaknya.

Baca juga: Lagi di Luar Negeri pun, Smart Home ini Bisa Mengontrol Rumah!

  • Nyalakan Perangkat Elektronik yang Penting Saja

Kulkas itu pasti bakal berfungsi terus, jika tidak bahan-bahan makanan di dalamnya akan membusuk. Pastikan lampu juga menyala, tentunya untuk mencegah adanya maling.

  • Smart Home

Zaman teknologi saat ini, banyak menggunakan perangkat smart home yang bisa diakses sekaligus dikontrol dari jarak jauh. Biasanya apartemen, sudah banyak yang dilengkapi dengan teknologi ini. Pastikan juga memasang kamera CCTV.

Baca juga: Cara Ini Bisa Cegah dan Atasi Kebakaran di Apartemen!

  • Amankan Barang Berharga

Sebelum berpergian, pastikan barang-barang berharga seperti perhiasan atau uang tidak ditinggalkan di rumah. Kamu bisa menyimpannya di safe deposit box di bank.

  • Titipkan Rumah Kepada Orang yang Bisa Dipercaya

Apabila ada kenalan yang bisa dipercaya, nggak ada salahnya menitipkan rumah kepadanya. Bisa juga menitipkan kepada keluarga yang tidak berlibur ke mana-mana. Jangan lupa untuk memberitahukan kepada petugas keamanan atau Ketua RT kalau kamu pergi dalam waktu lama. Maling biasanya pandai menandai rumah yang ditinggalkan penghuninya lho.

Bagikan:
2558 kali