Aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio Mengomentari Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Bantar Gebang, Bekasi. Dia Menyoroti Soal Sampah di Indonesia (Foto: Rumah123/Goalcast.com)

Gunung sampah di Bantar Gebang ternyata dikomentari oleh aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio. Namun, jangan ikutan baper gaes. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi masalah sampah.

Kompas.com melansir bahwa DiCaprio sempat mengunggah foto mengenai gunung sampah di Bantar Gebang, Bekasi di akun Instagram miliknya, @leonardodicaprio pada 15 Maret 2019 lalu. Dia mengunggah ulang foto dari akun @everydayclimatechange.

Aktor yang memenangkan Oscar melalui film The Revenant ini menuliskan kalimat panjang yang mengulas Bantar Gebang. Dia juga menulis soal Indonesia yang menjadi negara penghasil sampah terbesar selain China.

Baca juga: Perangi Sampah Plastik, Volvo Kembangkan Produk Mirip Pohon Bakau

Tidak lama setelah unggahan tersebut, ada balasan komentar dari admin akun resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta @dinaslhdki.

For your information ya, Bantar Gebang merupakan tempat pembuangan sampah terpadu atau TPST terbesar di Indonesia. Luasnya mencapai 110,3 hektare. Setiap hari, TPST ini menerima 7.000 ton sampah.

Buat kamu yang tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) pasti sudah tahu masalah Bantar Gebang ini sejak lama. Jadi masalah sampah di sini memang sudah ada sejak lama.

Baca juga: Speaker Keren Ini Terbuat dari 100 Persen Sampah Plastik Lho

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membangun fasilitas pengolah sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara. Saat ini, pemprov sedang membangun satu unit.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan akan membangun tiga hingga empat ITF. Anies menambahkan nantinya sampah akan diolah menjadi energi.

Nah, soal sampah terutama plastik, Indonesia memang juara selain China dan Amerika Serikat. Jangan sampai soal sampah dikomentari oleh orang asing ya. Kamu nggak malu gaes?

Baca juga: Ini Dia Nih Desain yang Memadukan Material Daur Ulang dan Sampah

Mulai dari sekarang, kamu harus berusaha untuk mengurangi sampah yang tidak bisa diurai seperti plastik. Ga usah deh pakai kantong plastik kalau belanja ke mini market.

Ingat ya, ada 7.000 ton sampah masuk TPST Bantar Gebang setiap hari. Pastinya ini termasuk sampah kita semua lho.

Bagikan: 2239 kali