bisnis online tanpa modal- Rumah123.com Ada Sejumlah Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online Tanpa Modal (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada sejumlah pilihan wirausaha dalam melakukan bisnis online tanpa modal. Namun, sebelum memulainya, ada sederetan langkah yang harus dilakukan.

Saat ini, semuanya dimudahkan karena internet. Seorang penjual barang atau jasa di Jakarta bisa memiliki konsumen di Surabaya atau bahkan kota kecil di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara. Bisnis ini dapat dilakukan di rumah dan juga di mana saja.

Begitu banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan lewat internet. Orang bisa memulai bisnis online tanpa modal dengan memanfaatkan internet. Kalau perlu modal, hanya laptop atau smartphone dan juga kuota internet.

Baca juga: Mau Bikin Bisnis Online dari Rumah? Jangan Lupa Perencanaan Keuangan

Buat generasi milenial yang merupakan digital native tentunya hal ini menguntungkan. Ada beragam pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan.

Jika berjualan barang bisa menjadi reseller atau dropship, berani tampil bisa menjadi vlogger atau YouTuber, dapat menulis bisa menjadi penulis konten dan sejenisnya, serta masih banyak lagi.

Namun, sebelum memulai bisnis online tanpa modal, ada sejumlah hal yang harus kamu pikirkan dan lakukan. Tentunya agar bisnis kamu tidak berhenti begitu saja.

Memikirkan Barang Atau Jasa yang Ditawarkan

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis online tanpa modal, kamu harus memikirkan dan memutuskan barang atau jasa apa yang ditawarkan. Jika kamu memilih menjadi reseller baju Muslim, pikirkan produsen mana yang dipilih.

Jangan lupa untuk mengkalkulasikan berapa harga barang dari produsen dan kemudian harga jual. Biasanya produsen sudah menghitungnya. Namun, perhitungkan biaya ongkos kirim, biaya membungkus, dan lainnya.

Melirik Ceruk Pasar Khusus

Lakukan riset kecil mengenai target market. Misalnya kamu ingin menjadi YouTuber atau Vlogger, kamu bisa mencari hal spesifik yang belum dilirik misalnya kuliner ekstrem atau tutorial membuat kerajinan, berkebun, dan lainnya.

Caranya mudah saja, coba berselancar di dunia maya. Konten seperti apa yang belum digarap oleh YouTuber dan Vlogger lainnya.

Melakukan Tes Pasar dengan Menjual Secara Offline

Lakukan uji coba dengan mengetes pasar dengan menjual secara offline. Jika kamu memilih berjualan mukena secara dropship, coba dulu dengan memasarkan kepada kerabat, teman, dan juga tetangga.

Kamu bisa mendapatkan feed back dari konsumen mengenai barang yang dipasarkan. Berbincang dengan konsumen bisa memberikan insight yang menarik.

Menyusun Perencanaan Bisnis

Setidaknya kamu memahami pemasukan dan pengeluaran dalam berbisnis. Kamu tidak perlu memahami akuntansi secara menyeluruh. Namun, pastikan kalau ada rekening terpisah dan penghitungan pemasukan dan pengeluaran.

Kamu harus menghitung berapa biaya ongkos kirim saat menjadi reseller. Kamu harus mengkalkulasikan biaya produksi. Meskipun menjadi YouTuber, kamu harus menghitung berapa biaya langganan kuota internet selama sebulan.

Memiliki Toko Gratis di E-Commerce

Lantaran masih memulai bisnis, kamu tidak perlu mempunyai website sendiri. Kamu hanya perlu memiliki toko online di sejumlah platform e-commerce. Ada banyak pilihan seperti Tokopedia, BukaLapak, dan lainnya.

Kamu tidak mengeluarkan biaya. Selain itu, konsumen juga lebih percaya jika produk dipasarkan melalui e-commerce.

Memanfaatkan Media Sosial

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berbisnis online tanpa modal. Saat ini, orang lebih memilih Instagram untuk mencari barang. Media sosial lain yang bisa dimanfaatkan adalah Facebook dan Twitter.

Hal yang unik kalau kamu berbisnis online tanpa modal namun tidak memanfaatkan media sosial. Manfaatkan media sosial dan jejaring kamu.

Membangun Jejaring

Saat membangun bisnis, jangan lupa untuk membangun jejaring dan memanfaatkannya. Apa pun yang kamu jual baik itu barang atau jasa, pastikan teman-teman, tetangga, dan saudara mengetahuinya.

Ketika mereka membutuhkan barang atau jasa tersebut, mereka akan langsung menghubungi kamu. Logika sederhana yang masuk akal kan?

Baca juga: Ragam Bisnis Modal Kecil yang Bisa Kamu Mulai dari Sekarang

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan Selama Ramadan Ini Bisa Jadi Solusi Tabungan DP Rumah

Bagikan: 3556 kali