rumah dp rp0- rumah123.com Ilustrasi Hunian Vertikal. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Melakukan Acara Peletakan Batu Pertama Atau Groundbreaking Pembangunan Nuansa Cilangkap. Hunian Vertikal Merupakan Program Rumah DP Rp0 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pembangunan proyek hunian vertikal Rumah DP Rp0 dimulai setelah groundbreaking dilakukan. Kesempatan bagi yang ingin memiliki hunian terjangkau.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan acara peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan hunian vertikal Rumah DP Rp0 pada Kamis (12/12/2019).

Program Rumah DP (down payment) Rp0 ini juga dikenal dengan nama Samawa (Solusi Rumah Warga). Hunian vertikal ini berada di Jalan Raya Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Baca juga: Akhir 2019, Rumah DP Rp0 Akan Dibangun di Cilangkap Jakarta Timur

Hunian ini nantinya bernama Nuansa Cilangkap. Tower yang pertama kali dibangun adalah Menara Samawa.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menamakan rumah susun sederhana milik atau rusunami ini dengan nama Nuansa. Sebelumnya, sudah ada Nuansa Pondok Kelapa yang dibangun di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Dalam acara groundbreaking ini, Anies memindahkan pasir ke kotak kosong memakai sekop. “Sekarang saya akhiri dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, hari ini Kamis tanggal 12 bulan 12 tahun 2019, groundbreaking hunian DP nol rupiah Nuansa Cilangkap secara resmi dinyatakan dilaksanakan,” kata Anies seperti dikutip oleh situs berita online Kompas.com.

Nuansa Cilangkap Tawarkan 800 Unit Hunian Vertikal

Pembangunan Nuansa Cilangkap ini dilakukan oleh Perumda Pembangunan Sarana Jaya dengan Totalindo Eka Persada. Kedua perusahaan ini juga yang membangun Nuansa Pondok Kelapa.

Hunian ini berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektare. Menara Samawa Rumah DP Rp0 ini berada di lahan seluas 6.500 meter persegi.

Ada empat tower hunian vertikal. Namun, hanya satu unit tower yang dibangun untuk Rumah DP Rp0. Sisanya untuk hunian komersial. Rencananya, pembangunan rusunami Nuansa Cilangkap ini selesai dalam dua tahun. Rusunami selesai dibangun pada 2021.

Baca juga: Rusunami Samawa Bakal Selesai Dibangun Pada Juli 2019

Nantinya, ada 800 unit hunian. Rusunami ini terdiri dari 24 lantai. Unit hunian yang ditawarkan adalah tipe studio dan dua kamar tidur.

Nuansa Pondok Kelapa terdiri dari 20 lantai. Jumlah unit hunian yang ditawarkan adalah 780 unit rusumai. Ada 503 unit rusunami tipe 2 bedroom atau 2 kamar tidur. Sisanya adalah 190 unit studio.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan menjelaskan kalau Nuansa Cilangkap memiliki sejumlah fasilitas. Fasilitas tersebut adalah ruang belajar, lahan resapan air hujan, ruang, terbuka.

Baca juga: Rumah DP Rp0 Berlanjut, Rusunami Ketiga Dibangun di Pulogebang Pada 2020

Selain itu, fasilitas lainnya adalah ruang bersama, balai warga, musala, klinik, warung, toko, taman bermain, taman berwarga, dan TK (taman kanak-kanak).

Yoory melanjutkan bahwa luas unit studio di Nuansa Cilangkap lebih luas dari unit yang sama di Nuansa Pondok Kelapa. Luas unit studio di Nuansa Cilangkap mencapai 23 meter persegi, sementara unit studio di Nuansa Pondok Kelapa hanya 21 meter persegi.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan rusunami dengan harga terjangkau, kamu bisa melirik Nuansa Cilangkap. By the way, Nuansa Pondok Kelapa masih memiliki unit apartemen yang belum laku terjual lho. Kamu tertarik untuk membeli?

Baca juga: Transjakarta Punya Rute Baru untuk Warga yang Tinggal di Rumah DP Rp0

Bagikan:
804 kali