Ilustrasi Micro Sleeping (Rumah123/Schalafpnoe)

Saat menyetir untuk perjalanan jauh seperti mudik memang melelahkan. Apalagi kalau kamu melewati jalan tol yang monoton. Kelelahan bisa terjadi.

Salah satu hal yang ditakutkan adalah micro sleeping. Kondisi ini merupakan saat kamu mengalami tidur sesaat antara 5-10 detik.

Baca juga: Ingin Nyaman di Kamar Tidur? Atur Penataan Lampu Dong

Saat terbangun, kamu kaget lantaran baru sadar. Kamu belum menyadari mau ke mana atau ingin melakukan apa. Pada momen ini, bisa saja terjadi kecelakaan lalu lintas karena kamu sedang memacu kendaraan.

Situs Inggris. BBC melakukan riset mengenai micro sleeping terhadap 1.000 pengemudi. Hasilnya 45% pengemudi pria mengalaminya, sedangkan hanya 22% pengemudi wanita yang mengalaminya.

Baca juga: Taruh Dong Karpet dalam Ruang Tidur Kamu

“Tidur tidak datang begitu saja. Anda tidak bisa menyetir, menyadari ada bahaya dalam satu menit dan kemudian tertidur. Selalu ada waktu cukup waktu untuk menyadari betapa mengantuknya,” ujar Profesor Jim Horne kepada BBC.

Horne merupakan Director Sleep Research Centre di Loughborough University, Inggris. Dia sudah mempelajari kelelahan yang dialami oleh pengemudi selama 10 tahun terakhir.

Baca juga: Lampu Tidur : Bikin Tidur Lebih Nyenyak,Mimpi Jadi Indah

Pengemudi yang muda berisiko lebih besar karena anak muda memerlukan tidur lebih banyak secara umum. Menurut Badan Transportasi Inggris, 20% kecelakaan jalan raya terkait dengan tidur. Horne menyatakan kalau pengemudi tidak punya alasan lagi.

Sebelum kamu mengantuk dan mengalami micro sleeping, kamu harus melakukan beberapa hal ini. Ya, jangan sampai gara-gara tertidur, rencana kamu mudik berantakan karena kamu tidur dan mungkin kemudian terjadi kecelakaan.

Baca juga: Supaya Tidur Selalu Nyenyak, Ini Rahasianya!

Pertama, minum kopi. Horne menyarankan agar pengemudi minum kopi. Secangkir kopi mengandung 150 mg cafein.

Cafein membuat kamu terjaga. Ya, kalau kamu mengantuk saat bekerja di kantor, biasanya kamu minum satu dua cangkir kopi kan?

Baca juga: Ranjang Raksasa Ini Bisa Bikin Tidur Kamu Semakin Nyenyak Lho

Kedua, istirahat. Kalau setelah 20 menit, kafein dalam kopi tidak membuat kamu terjaga dan tetap mengantuk. Maka, kamu disarankan untuk tidur.

Kamu bisa tidur sejak kira-kira 15 menit atau mungkin lebih. Setelah tidur, kamu luangkan waktu lima menit untuk menyegarkan pikiran. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Gila Medsos, Milenial Ogah Gaul sama Tetangga. Tiati Gila Beneran!

Ketiga, mengemudi bergantian. Rumah123 menyarankan jika kamu ingin sampai lebih cepat, coba deh untuk bergantian dengan pasangan, adik, kakak, atau siapa saja.

Saat itu, kamu bisa tidur di dalam mobil sementara orang lain yang menyetir. Tetapi, kalau hanya kamu yang bisa menyetir atau kamu mudik seorang diri, ya usahakan istirahat saja. Cari rest area atau mesjid terdekat.

Bagikan: 908 kali