Apartemen yang Didesain oleh Ariel Claudet (Rumah123/Curbed)

Jika kamu memilih tinggal di hunian dengan luas terbatas alias rumah yang sempit atau apartemen yang sempit, kamu memang harus jago bersiasat dong.

Kamu bisa memilih memiliki penyimpanan yang banyak dalam bentuk built in furniture atau custom furniture. Sederetan perabot seperti meja, kursi, tempat tidur, dan lainnya dapat dimanfaatkan sebagai storage atau tempat penyimpanan.

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Peti Mati, yang Ini “Kotak Sepatu”

Pilihan lainnya adalah kamu menyeleksi barang yang ingin kamu punyai. Maksudnya kamu nggak perlu punya barang dalam jumlah banyak atau menyimpan setumpuk barang dalam hunian kamu.

Arsitek muda asal Prancis, Ariel Claudet mendesain ulang sebuah apartemen menjadi lebih simpel. Apartemen ini beraa di Saint-Germain-de-Pres, Seine, Prancis. Klien Claudet merupakan pakar sosiologi yang sudah pensiun.

Baca juga: Punya Apartemen Kecil itu Efisien Lho

Apartemen ini merupakan bangunan tua yang dibangun pada abad ke-17. Bangunan ini pernah menjadi kediaman arsitek Gustave Eiffel yang merancang bangunan ikonik Menara Eiffel.

Unit apartemen ini hanya berukuran 22 meter persegi. Kalau di Indonesia, apartemen ini masih termasuk studio atau mungkin 1 bedroom ya.

Baca juga: Yang Bilang Apartemen Tipe Studio Sempit itu Gak Gaul!

Claudet merancang apartemen sempit ini dengan aplikasi cat putih pada dinding dan langit-langit. Sementara bagian lantai malah mengaplikasikan warna hitam.

Hal ini memang kontras. Ada bagian yang berwarna hitam, sedangkan sebagian besar lainnya berwarna putih.

Baca juga: Mau Tahu Cara Menyiasati Apartemen Sempit? Hmm, Ini Dia Nih

Arsitek tidak mendesain tempat penyimpanan dalam jumlah banyak. Malah jumlah barang yang ada di apartemen ini dibatasi. Sebagai alternatif penyimpanan, dia malah membuat jaringan pipa tembaga.

Kalau kamu memiliki rumah yang sempit atau apartemen yang sempit, coba deh untuk mengikuti cara ini. Batasi jumlah barang yang kamu miliki. Kalau ada barang yang berlebih, kamu bisa menjualnya atau memberikannya kepada yang membutuhkan.

Baca juga: “Galeri Seni” dalam Sebuah Apartemen Sempit, Bisa Juga Kok!

Apartemen yang Didesain oleh Ariel Claudet (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 1493 kali