Ilustrasi (Rumah123/About Islam)

Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tinggal menghitung hari. Ada yang sudah mudik ke kampung halaman sebelum Hari-H, ada juga yang baru mudik setelah Lebaran.

Namun, kemeriahan masjid masih terasa. Jumlah orang yang mengikuti shalat tarawih sudah mulai berkurang, tetapi masjid tetap ramai saat menjelang malam dan dini hari.

Baca juga: Kenalan Yuk! Sama Kunci Rumah yang Harganya Rp16-20 Jutaan

Mereka ini tetap melakukan ibadah pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Mereka melaksanakan itikaf semalam suntuk.

Kamu sudah pernah melakukannya atau sering melaksanakannya setiap Ramadan. Bagi kamu yang ingin itikaf dalam sisa beberapa hari terakhir ini, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal terkait keamanan rumah.

Baca juga: Terlalu Banyak Kunci Bikin Rumah Kamu Susah Laku, Percaya Deh!

Jika kamu dan keluarga itikaf di masjid, tentunya rumah dalam keadaan kosong. Maling dan pencuri bisa memanfaatkan momen ini untuk mengambil harta benda kamu.

Kalau kamu dan keluarga ingin itikaf, mendekatkan diri kepada yang Maha Esa pada hari-hari terakhir Ramadan, jangan lupa untuk mengunci pintu dan jendela. Pastikan lampu menyala pada beberapa bagian rumah sehingga pencuri berpikir ulang saat mau masuk.

Baca juga: Ga Ada Lagi Deh Cerita Kehilangan Kunci Rumah

Jangan lupa untuk memberitahu pengurus RT dan petugas keamanan kalau kamu dan keluarga sedang itikaf di masjid. Jadi petugas keamanan bisa tahu siapa saja yang mudik atau sedang tidak ada di rumah.

Tindakan preventif lainnya yang dapat kamu lakukan adalah memasang CCTV. Maling atau pencuri bakal berpikir ulang untuk melakukan aksinya.

Bagikan: 497 kali