doa untuk pengantin

Pernikahan adalah ibadah sakral dan mulia, sehingga harus dipenuhi doa. Ini dia kumpulan doa untuk pengantin dalam Islam yang bisa kamu baca!

Pernikahan merupakan suatu peristiwa sakral yang sangat mulia dan suci.

Dalam agama Islam, terdapat aturan secara detail mengenai proses pernikahan yang benar sesuai syariat agama.

Begitu pula dengan doa, terdapat berbagai doa untuk pengantin yang bisa dipanjatkan dari setelah akad nikah hingga malam pertama.

Bukan hanya pengantin, para tamu yang datang juga dianjurkan untuk membacakan doa untuk pengantin agar pernikahan kedua mempelai senantiasa sakinah mawaddah dan warahmah.

Berikut doa-doa yang bisa dipanjatkan oleh pengantin baru maupun tamu undangan!

Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru dalam Islam

1. Doa untuk Pengantin agar Menerima Keberkahan

بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنَّا فِي صَاحِبِهِ أَللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibihi. Allahumma innî as`aluka khairahâ wa khaira mâ jabaltahâ ‘alaihi wa a’ûdzu bika min syarrihâ wa min syarri ma jabaltahâ ‘alaihi.

“(Semoga) Allah memberkahi masing-masing dari kita dengan pasangannya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan pasangannya, dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan pasangannya.”

2. Doa untuk Pasangan yang Baru Melangsungkan Akad Nikah

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

3. Doa untuk Orang yang Mengundang ke Acara Pernikahan

Setiap Muslim dianjurkan untuk mendoakan orang yang sudah mengundang ke acara pernikahan, terutama setelah selesai makan.

Adapun doa yang bisa dipanjatkan oleh tamu undangan pernikahan adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum.

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR Ahmad)

4. Doa Pengantin di Malam Pertama

doa untuk pengantin malam pertama

Sebelum melakukan hubungan suami istri di malam pertama, mempelai pria dianjurkan untuk membaca doa, lalu dilanjutkan dengan mengusap rambut bagian depan mempelai wanita.

Bacaan doa yang bisa dipanjatkan:

بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنَّا فِي صَاحِبِه

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih.

“Semoga Allah memberkahi setiap kita.”

Setelah itu, mempelai pria dianjurkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih.

Artinya, “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya.”

Itu dia kumpulan doa untuk pengantin yang bisa dibacakan setelah prosesi pernikahan.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Kenari Kebonkopi Alamsari Bandung.

Buka lembaran baru, wujudkan impianmu dan kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
391 kali