contoh teks tanggapan

Tahukah kamu bagaimana cara membuat teks tanggapan? Kalau belum, simak penjelasan dan contoh teks tanggapan singkat berikut ini, ya!

Teks tanggapan adalah jenis teks yang memuat komentar atau evaluasi tentang suatu hal, misalnya terkait peristiwa atau fenomena.

Jenis teks ini bisa diartikan memiliki tujuan untuk menyampaikan pendapat melalui sudut pandang pribadi.

Berbeda dengan teks diskusi, teks tanggapan memiliki ciri-ciri dan strukturnya sendiri.

Lebih lengkapnya, simak penjelasan serta contoh teks tanggapan singkat berikut ini…

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

teks tanggapan singkat

Seperti halnya jenis teks dalam bahasa Indonesia yang lainnya, teks tanggapan juga memiliki cirinya sendiri.

Berikut ini ciri-ciri teks tanggapan:

- Memuat tanggapan terhadap sebuah peristiwa atau fenomena yang teradi dan disertai fakta serta alasan

- Mengandung kaidah atau ciri kebahasaan yang dimiliki oleh teks tanggapan

- Terdiri dari tiga struktur: evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang

Struktur Teks Tanggapan

Seperti yang telah disebutkan di atas, teks tanggapan memiliki ciri-ciri strukturnya sendiri. Berikut ini penjelasan struktur teks tanggapan:

Evaluasi

Evaluasi adalah bagian pertama dari struktur teks tanggapan yang memuat pernyataan umum terkait apa yang disampaikan oleh penulis dalam teks.

Deskripsi

Evaluasi adalah bagian yang memuat informasi mengenai data serta pendapat yang mendukung atau melemahkan pernyataan.

Penegasan Ulang

Penegasan ulang adalah bagian yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah diputuskan atau dilakukan.

Contoh Teks Tanggapan

1. Contoh Teks Tanggapan tentang Pergaulan Bebas

Evaluasi

Di zaman modern ini, banyak remaja yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas merupakan bentuk perilaku menyimpang, di mana kata ‘bebas’ berarti melampaui batas dari norma-norma orang Timur.

Deskripsi

Pergaulan bebas memberikan dampak yang sangat negatif, contohnya melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti mabuk-mabukan, penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya.

Di samping itu, pergaulan bebas juga memiliki dampak positif seperti memiliki banyak teman, melatih cara berkomunikasi, menghormati, dan mengendalikan diri di tengah masyarakat.

Pergaulan bebas timbul karena rasa gengsi, nafsu, penasaran, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga, dan sebagainya.

Selain itu, perkembangan teknologi juga memberikan pengaruh besar terhadap pergaulan bebas dengan akses internet serta televisi yang kurang diawas, sehingga memicu remaja untuk melakukan hal-hal yang tidak baik.

Penegasan Ulang

Ketika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab pergaulan bebas, alangkah baiknya orangtua memberikan pengawasan lebih serta mendidik anaknya dengan baik agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Caranya bisa dengan memilih tontonan yang baik dan pemanfaatan internet sebaik mungkin.

2. Contoh Teks Tanggapan tentang Hukuman Mati

Evaluasi

Adanya beberapa negara yang menerapkan hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkannya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme. Tindakan terorisme merupakan kejahatan keji, namun bagi saya eksekusi mati bukanlah solusi terbaik.

Deskripsi

Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati, termasuk Indonesia. Indonesia mencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati, selama 6 tahun terakhir ada 96 vonis per Oktober 2020. Vonis hukuman mati di Indonesia justru mengalami lonjakan setiap tahunnya, khususnya terjadi lonjakan hampir 2 kali lipat di tahun 2019 dari pada 2018. Saya rasa hal ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk menemukan hukuman efektif lainnya, karena penerapan hukuman mati justru tidak membuat orang-orang jadi takut.

Penegasan Ulang

Bagaimanapun sebagai negara yang berlandaskan Pancasila, dengan sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”, semua warga Indonesia diwajibkan memiliki kepercayaan agama dan setiap agamanya tentu tidak membenarkan adanya eksekusi mati. Kita semua tidak berhak atas hidup seseorang dan setiap orang memiliki hak dasarnya sendiri untuk hidup.

***

Semoga bermanfaat, ya.

Simak juga artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com!

Kalau kamu sedang mencari rumah, pastikan cek di rumah123.com.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.com selalu #AdaBuatKamu.

Kunjungi dari sekarang dan temukan hunian favoritmu, salah satunya Srimaya Residence!

Bagikan:
356 kali