Kuliah online, jadi solusi untuk kamu yang selama ini menunda untuk mendapatkan gelar karena keterbatasan waktu!

Kejarlah ilmu setinggi langit. Begitu kata pepatah yang sering kita dengar semasa kecil. Semakin tinggi gelar pendidikan kita, semakin besar pula peluang yang didapatkan, untuk memiliki karier yang lebih cemerlang. 

Namun, banyak orang yang merasa ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lantaran terbentur oleh waktu. Kabar baiknya, sekarang sudah banyak universitas ternama di Indonesia yang memiliki program kuliah online.

Dengan begitu, tak ada lagi alasan tak bisa kuliah karena tak punya waktu. Supaya kamu semakin yakin untuk menjalani kuliah melalui online. Simak dulu serba-serbinya di bawah ini.

Seperti apa sistem dalam kuliah online?

Sama dengan namanya, sistem perkuliahan online atau yang biasa disebut kuliah jarak jauh ini  dilakukan melalui online. Mata kuliah yang biasanya mengharuskan adanya tatap muka antara mahasiswa dan dosen, diganti menjadi video conference.

Tugas-tugas dan kuis biasanya dikumpulkan melalui sistem. Modul yang harus dipelajari mahasiswa juga bisa diakses dari sistem tersebut. Ketika ujian akhir, baru lah mahasiswa diwajibkan untuk hadir di kelas. 

Universitas mana saja yang menyediakan layanan kuliah online, dan berapa harganya?

Saat ini, sudah cukup banyak universitas yang menyediakan kuliah jarak jauh. Mulai dari yang sebagian online dan sebagian lagi tatap muka, hingga yang sepenuhnya online, kamu bisa memilih yang sesuai dengan waktumu. Dari sekian banyak universitas dengan layanan kuliah jarak jauh, berikut beberapa yang populer:

Universitas Bina Nusantara

Bina Nusantara atau yang biasa disebut Binus, merupakan salah satu kampus yang populer dengan jurusan IT-nya. Pasalnya, Binus berhasil mencetak orang-orang IT unggulan yang bahkan berhasil membuat perusahaannya sendiri, seperti William Tanuwijaya, pemilik Tokopedia misalnya. 

Sejak tahun 2008, Binus menyediakan program kuliah jarak jauh yang diberi nama Binus Online Learning. Tingkatannya mulai dari S1 hingga S2. Jurusan yang tersedia di dalamnya juga beragam, seperti akuntansi, manajemen, sistem informasi, teknik industri, dan masih banyak lagi. 

Universitas Terbuka

Kampus satu ini menjadi yang pertama menerapkan konsep kuliah jarak jauh. Dengan program bernama Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), Universitas Terbuka telah hadir di 40 kota di seluruh Indonesia.

Program studinya terdiri dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP), dan Fakultas Pascasarjana.

Universitas Mercu Buana

Kuliah jarak jauh di kampus satu ini sedikit berbeda dengan yang lainnya. Dalam satu minggu, mahasiswa diwajibkan untuk hadir ke kampus di hari Sabtu.

Sisanya baru dilakukan melalui online. Universitas Mercu Buana memiliki banyak lokasi kampus yang bisa dipilih. Seperti di Menteng, Cibubur, hingga Meruya. Kamu bisa memilih mana yang paling dekat dengan lokasimu.

Apa saja kelebihan dari kuliah online?

- Sangat fleksibel dalam hal jarak. Mahasiswa tak perlu melewati kemacetan jalan untuk menghadiri kelas karena perkuliahan bisa dilakukan dimana saja

- Bisa lebih hemat, karena tidak ada biaya transportasi yang dikeluarkan 

- Lebih efisien, karena semua modul pembelajaran terdapat dalam sistem yang bisa diakses dari mana saja

Apa saja kekurangan dari kuliah online?

- Sangat bergantung pada kelancaran koneksi internet. Apabila koneksi tersendat ketika dosen sedang menjelaskan, maka materi yang disampaikan bisa tak terserap dengan baik

- Karena kemudahannya, banyak yang mengentengkan kuliah jarak jauh. Akhirnya mahasiswa pun terlena dan gagal lulus

- Pilihan program studi terbatas

Itu dia serba serbi dari kuliah via online. Jadi menurutmu, mana yang lebih baik? Kuliah melalui online atau tatap muka langsung?

Bagikan: 2104 kali