KRL Commuter Line- Rumah123.com Operator Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia Akan Menghapuskan Pembelian Tiket Harian Berjaminan (THB) di Lima Stasiun Yaitu Stasiun Sudirman, Palmerah, Cikini, Taman Kota, dan Universitas Indonesia Mulai 1 Agustus 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengelola kereta rel listrik (KRL) commuter line bakal menghapus pembelian Tiket Harian Berjaminan (THB) di lima stasiun mulai 1 Agustus 2019.

PT Kereta Commuter Indonesia akan memberlakukan hal tersebut di lima stasiun yaitu Stasiun Sudirman, Palmerah, Taman Kota, Cikini, dan Universitas Indonesia. Hal ini dilakukan lantaran sebagian besar pengguna commuter line sudah beralih dari THB ke kartu elektronik.

Penumpang telah memakai Kartu Multitrip (KMT) atau kartu elektronik yang diterbitkan bank atau e-money. Antrean pembelian tiket di lima stasiun ini memang telah berkurang.

Baca juga: DDT Jatinegara-Cakung Sudah Beroperasi, Commuter Line Bakal Lebih Lancar Nih

Situs Kompas.com mengutip pernyataan Vice President Corporate Communication PT KCI, Anne Purba bahwa lalu lintas penumpang di lima stasiun hampir 90 persen telah memakai KMT dan e-money. PT KCI mengapresiasinya karena sudah mengurangi antrean.

PT KCI hanya akan menghapus pembelian THB di lima stasiun baik melalui loket maupun vending machine. Masih banyak stasiun yang masih menjual THB lewat loket dan vending machine.

 

Ciptakan Masyarakat Bertransaksi Tanpa Uang Tunai

Dalam laman resmi PT KCI krl.co.id, lima stasiun ini memang memiliki persentase pengguna KMT dan kartu uang elektronik bank tertinggi. Persentasenya memang beragam.

Penggunaan KMT di Stasiun Sudirman telah mencapai 90 persen. Pemakaian KMT di Stasiun Universitas Indonesia, Palmerah, dan Cikini mendekati 80 persen. Sementara Stasiun Taman Kota penggunaan KMT mencapai hampir 60 persen.

Program penghapusan THB ini menjadi bentuk dukungan pengelola terhadap program pemerintah dan Bank Indonesia yang ingin menciptakan cash-less society. Masyarakat tidak lagi bertransaksi menggunakan uang tunai, melaikan memakai kartu elektronik.

Biasanya para penumpang menggunakan kartu elektronik bank seperti Mandiri E-Money, BNI Tap Cash, BRI Brizzi, dan Flazz BCA. Ada banyak pilihan kartu elektronik. Pengisian kartu elektronik ini pun mudah, bisa melalui smartphone, ATM, dan lainnya.

Operator juga mempermudah penumpang dengan KMT dengan harga yang lebih murah. Saat ini, penumpang bisa membeli KMT dengan harga hanya Rp30.000, ini sudah termasuk saldo Rp10.000.

 

Peringatan Bagi yang Biasa Menggunakan THB

Untuk penumpang yang masih menggunakan Tiket Harian Berjaminan Pergi Pulang (THB PP) masih tetap dapat keluar (tap out) dari lima stasiun ini. Penumpang masih bisa tap ini untuk kembali naik KLR commuter line tentunya sesuai dengan stasiun pergi dan pulang.

Sementara bagi penumpang yang memakai THB sekali perjalanan, mereka hanya bisa keluar (tap out) di lima stasiun ini. Perlu diingat bagi penumpang, kalau di lima stasiun ini, para pengguna THB tidak bisa membeli THB, melakukan isi ulang, refund jaminan kartu, dan juga tidak bisa melakukan tap in.

Untuk itu, para penumpang diingatkan, bagi mereka yang ingin naik KRL commuter line dengan THB, dapat naik di stasiun terdekat yang letaknya sebelum atau pun sesudah lima stasiun ini.

PT KCI masih terus melakukan sosialiasi dan edukasi melalui media sosial. Selain itu, operator juga memasang banner dan poster di lima stasiun ini.

Bagi kamu yang biasa menggunakan KRL commuter line, biasakan untuk menggunakan KMT dan kartu elektronik bank. Tentunya untuk memudahkan kamu dalam beraktivitas.

Bagikan: 3744 kali