transjakarta krl commuter line- rumah123.com Ilustrasi. KRL Commuter Line Untuk Jurusan Jakarta-Bogor/Depok dan Jakarta-Bekasi/Cikarang Hanya Berhenti Di Stasiun Manggarai Pada 13-23 Februari 2020. Transjakarta Membuka Rute Baru Dari Stasiun Manggarai ke Halte Tosari Untuk Mengantisipasi Penumpukan Penumpang (Foto: Rumah123/Getty Images/REA Adobe Experience Manager)

KRL Commuter Line rute Bogor/Depok dan Bekasi/Cikarang hanya sampai ke Stasiun Manggarai, Transjakarta membuka rute baru ke Tosari.

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI melakukan revitalisasi wesel di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat dan Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat. Laman berita online CNNIndonesia.com melansir bahwa pengerjaan proyek ini akan memakan waktu selama 11 hari yaitu 13-23 Februari 2020.

Dampak dari proyek tersebut adalah Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line untuk lintas Jakarta-Bogor/Depok dan Jakarta-Bekasi/Cikarang tidak bisa melalui kedua stasiun ini.

Baca juga: Ada Proyek LRT Jabodebek, Tiga Rute Transjakarta Non BRT Dialihkan

Vice Presidents Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba menyatakan ada total 281 perjalanan KRL Commuter Line dari rute-rute di atas. Ada 45 jadwal perjalanan kereta yang terkena dampak rekayasa operasional.

Namun, selain rute-rute tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia selaku pengelola KRL Commuter Line menyatakan rute lainnya seperti Tangerang dan Tangerang Selatan masih tetap berlangsung normal seperti biasanya.

KRL Commuter Line yang menuju ke Tangerang berangkat dari Stasiun Duri. Sedangkan kereta yang menuju ke Tangerang Selatan hingga Maja berangkat dari Stasiun Tanah Abang.

Baca juga: Transjakarta Telah Beroperasi Selama 16 Tahun, Simak Seperti Apa Asal Mulanya

Anne mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kereta untuk menyesuaikan jadwal. Konsumen diharapkan bisa memantau perkembangan berita melalui sosial media milik PT KCI.

KRL Commuter Line telah menjalin kerja sama dengan pengelola BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta, PT Transportasi Jakarta untuk melakukan antisipasi.

Transjakarta Buka Rute Non BRT dari Stasiun Manggarai ke Halte Tosari

Situs berita online Kompas.com melansir bahwa Transjajarta membuka satu rute baru non BRT. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpang penumpang di Stasiun Manggarai. Rute baru ini menghubungkan Stasiun Manggarai ke Halte Tosari.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Hubungan Masyarakat Transjakarta Nadia Diposanjoyo menyatakan layanan khusus Stasiun Manggarai-Halte Tosari ini untuk mengantisipasi penumpang KRL Commuter Line yang ingin menuju ke pusat kota.

Nadia melanjutkan hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap lonjakan penumpang yang ada di Stasiun Manggarai terutama pada jam sibuk pada pagi hari mulai pukul 06.00-09.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) dan sore hari pukul 17.00-22.00 WIB.

Rute Transjakarta Non BRT Dari Stasiun Manggarai ke Halte Tosari

Penumpang KRL Commuter Line bisa naik Transjakarta non BRT dengan tujuan Halte Tosari ini tepat di depan pintu keluar Stasiun Manggarai. Pengelola Transjakarta menyediakan enam buah bus dengan tipe single.

Bus ini memiliki kapasitas 29 penumpang berdiri, 36 penumpang berdiri, dan 1 kursi roda. Layanan bus Transjakarta ini merupakan pelengkap rute yang sudah ada. Sebelumnya, sudah ada Transjakarta koridor 4 Dukuh Atas-Pulogadung.

Rute ini melewati Halte Manggarai. Lokasi Halte Manggarai tidak terlalu jauh dari Stasiun Manggarai. Penumpang bisa mengaksesnya dengan mudah.

Baca juga: 2020, MRT Targetkan Integrasi dengan Transjakarta dan LRT

Layanan khusus ini merupakan rute langsung yang membawa para penumpang KRL Commuter Line ke pusat kota. Bus Transjakarta akan menuju Halte Tosari yang juga bagian dari Transjakarta koridor 1 Blok M-Jakarta Kota. Bus ini akan melewati sejumlah pusat perkantoran.

Rute Transjakarta ini adalah Stasiun Manggarai-Halte BRT Manggarai-Jalan Sultan Agung-Jalan Galunggung-Jalan Jenderal Sudirman-Halte BRT Tosari-Jalan Blora-Jalan Latuharhari-Jalan Galunggung-Jalan Tambak-Jalan Manggarai Selatan 1-Stasiun Manggarai.

Bagikan:
1118 kali