krl commuter line- rumah123.com Ilustrasi KRL Commuter Line. Operator Kereta Rel Listrik Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia Akan Melakukan Rekayasa Operasional Terkait Pergantian Wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta-Kota. KRL Commuter Line dengan Rute Jakarta-Bogor/Depok dan Jakarta-Bekasi/Cikarang Hanya Sampai Stasiun Manggarai Mulai 13 Hingga 23 Februari 2020 (Foto: Rumah123/Krl.co.id)

KRL Commuter Line dengan rute Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi hanya sampai Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan selama 13-23 Februari 2020.

Bagi para rombongan kereta alias roker atau anak kereta alias anker, ada perubahan perjalanan untuk KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line jurusan Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi. Sebenarnya, rekayasa juga mencakup rute Jakarta-Depok dan Jakarta-Cikarang.

Operator KRL Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan rekayasa perjalanan kereta dari Bogor dan Bekasi lantaran penggantian wesel atau persimpangan rel di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat dan Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat.

Baca juga: KRL Commuter Line Akan Menjangkau Serang Pada 2020

Wesel adalah konstruksi rel kereta api yang bercabang untuk memindahkan jurusan jalan kereta. Wesel ini menjadi tempat pertemuan dua lintas kereta atau lebih.

Rekayasa perjalanan ini maksudnya KRL Commuter Line dari arah Bogor/Depok dan Bekasi/Cikarang cuma melayani penumpang hingga Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Setelah sampai di Stasiun Manggarai, rangkaian KRL Commuter Line akan kembali ke stasiun awal.

PT Kereta Commuter Indonesia memberlakukan rekayasa perjalanan KRL Commuter Line ini dijadwalkan selama 11 hari, mulai dari 11 hingga 23 Februari 2020.

Baca juga: KRL Commuter Line Tambah Jadwal, Transjakarta Akan Tingkatkan Kapasitas

Laman berita online CNNIndonesia.com melansir pernyataan Vice Presidents Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba.

“PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena rekayasa pola operasi ini. Namun rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrean KRL di lintas Stasiun Cikini-Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” ujar Anne.

Rute KRL Commuter Line Jakarta-Bogor/Depok dan Jakarta-Bekasi/Cikarang Terkena Dampak

Anne melanjutkan dari total keseluruhan 281 perjalanan KRL Commuter Line Jakarta-Bogor/Depok dan Jakarta-Bekasi/Cikarang dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota dan juga sebaliknya, ada 45 jadwal perjalanan yang terkena dampak rekayasa operasional.

Setiap hari, ada puluhan jadwal perjalanan untuk lintas Jakarta-Bogor/Depok dan juga Jakarta-Bekasi/Cikarang mulai dari pagi hari hingga malam hari. Mulai dari kereta yang berangkat paling pagi hingga larut malam.

Selain rute-rute tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia menyatakan operasional perjalanan KRL Commuter Line di lintas lainnya seperti ke Tangerang dan Tangerang Selatan masih tetap berlangsung normal seperti biasanya.

Baca juga: KRL Commuter Line Berlakukan Jadwal Baru Mulai 1 Desember 2019

Rekayasa operasional ini harus dilaksanakan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrian KRL Commuter Line pada lintas Stasiun Cikini hingga Stasiun Jakarta Kota selama proses pengerjaan.

Anne mengimbau kepada seluruh pengguna jasa KRL Commuter Line untuk menyesuaikan jadwal perjalanan. KRL Commuter Line juga sudah bekerja sama dengan pengelola Transjakarta untuk mengantisipasi hal ini.

Selain itu, para pengguna jasa kereta bisa memantau up date informasi terbaru melalui akun media sosial KRL Commuter Line seperti Twitter, Instagram, dan Facebook, serta call center PT Kereta Commuter Indonesia.

Bagi kamu yang menggunakan transportasi massal ini untuk pergi ke kantor atau tempat beraktivitas lainnya, pastikan kamu mengetahui rekayasa perjalanan ini. Kamu bisa mencari alternatif transportasi ke tempat tujuan.

Baca juga: 2021, Stasiun Gambir Hanya Untuk KRL Commuter Line dan Kereta Khusus

Bagikan:
1727 kali