krl commuter line- rumah123.com Ilustrasi Penumpang Kereta. Pengelola KRL Commuter Line, PT KCI Akan Menambah Jam Operasional Kereta Pada Malam Tahun Baru 2020. KRL Commuter Line Beroperasi Hingga Pukul 02.00 WIB (Foto: Rumah123/Getty Images)

KRL Commuter Line bakal beroperasi sampai pagi hari pada malam perayaan Tahun Baru 2020. Jadi para pengguna kereta tidak perlu khawatir.

Bagi para rombongan kereta atau roker alias anak kereta alias anker yang ingin merayakan pergantian tahun di Jakarta tidak perlu risau. KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line akan beroperasi hingga pukul 02.00 dini hari WIB (Waktu Indonesia Barat).

Operator KRL Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sudah bersiap untuk menyongsong libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Operator ingin memberikan pelayanan kepada para penumpang.

Baca juga: KRL Commuter Line Akan Menjangkau Serang Pada 2020

Situs berita online Kumparan.com mengutip pernyataan Direktur Utama KCI Wiwik Widayanti. Wiwik menyatakan kalau PT KCI Indonesia telah berkoordinasi dengan PT KAI (Kereta Api Indonesia) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat saat liburan.

PT KCI Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT KAI. PT KCI mengelola KRL Commuter Line yang menjangkau Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, hingga Cikarang.

Wiwik melanjutkan PT KCI menambah jam operasional KRL Commuter Line pada malam Tahun Baru. Biasanya, warga Jakarta dan sekitarnya ingin menghabiskan malam pergantian tahun.

Baca juga: KRL Commuter Line Tambah Jadwal, Transjakarta Akan Tingkatkan Kapasitas

Salah satu tujuan masyarakat untuk merayakan pergantian tahun adalah Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin hingga kawasan Monas (Monumen Nasional). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menutup dua jalan utama ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada sejumlah panggung hiburan yang tersedia. Masyarakat bisa menyaksikan pertunjukan yang ada.

KRL Commuter Line Akan Menambah Jumlah Petugas

Selain memperpanjang waktu operasional kereta KRL Commuter Line pada malam Tahun Baru, PT KCI Indonesia akan menambah jumlah petugas selama masa liburan.

Sejumlah posko telah disiapkan. Posko ini dihadirkan mulai dari 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Kehadiran posko memang disesuaikan dengan waktu liburan.

Namun, Wiwik tidak memaparkan berapa jumlah penambahan petugas keamanan. Petugas pelayanan juga ditambah. Untuk pengamanan, PT KCI Indonesia akan dibantu oleh marinir.

Baca juga: Pemprov DKI Berencana Bangun Hunian Vertikal Dekat Stasiun MRT dan KRL Commuter Line

Penambahan jumlah petugas keamanan dan petugas pelayanan ditujukan untuk memudahkan penumpang. Selain itu, hal ini juga membuat penumpang menjadi lebih nyaman.

Kalau jam operasional pada Tahun Baru 2020 akan ditambah, lain halnya saat perayaan Natal 2019. PT KCI Indonesia ada sedikit perbedaan. Jumlah keberangkatan tetap sama, namun KRL Commuter Line jurusan Jakarta-Bogor tidak sampai ke Stasiun Kota. Kereta hanya sampai Stasiun Manggarai.

Laman berita online CNN Indonesia.com sempat melansir pernyataan Vice President Corporate Communications PT KCI Indonesia Anne Purba. Anne meluruskan pemberitaan yang dilansir oleh kantor berita Antara. Anne menyatakan jumlah perjalanan KRL Commuter Line selama Natal tetap sama yaitu 987 perjalanan.

Baca juga: 2021, Stasiun Gambir Hanya Untuk KRL Commuter Line dan Kereta Khusus

Sekedar informasi, PT KCI Indonesia telah menambah jumlah perjalanan KRL Commuter Line untuk semua jurusan sejak awal Desember 2019. Selain itu, operator juga memperpendek headway atau jarak antar kereta untuk beberapa jurusan. Headway yang pendek membuat penumpang tidak menunggu terlalu lama.

Bagikan:
1763 kali