krl commuter line- rumah123.com Ilustrasi Kereta Rel Listrik. Operator KRL Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia Memberlakukan Jadwal Baru Mulai 1 Desember 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kabar gembira buat para anak kereta alias rombongan kereta. KRL Commuter Line akan memberlakukan jadwal baru dan juga menambah jumlah perjalanan.

Bagi kamu yang berstatus anker alias anak kereta atau pun roker alias rombongan kereta, ada kabar bahagia. Operator KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai memberlakukan jadwal baru perjalanan KRL Commuter Line mulai 1 Desember 2019.

Ada kenaikan jumlah perjalanan kereta. Operator juga memberlakukan jarak antar kereta atau headway menjadi lebih dekat.

Baca juga: 2021, Stasiun Gambir Hanya Untuk KRL Commuter Line dan Kereta Khusus

Situs berita online Kumparan.com melansir bahwa jadwal baru ini sesuai dengan Grafik Perjalanan Kereta Apia atau GAPEKA tahun 2019. Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menetapkan sebelumnya.

GAPEKA 2019 ini menggantikan GAPEKA 2017. GAPEKA menjadi dasar penyusunan jadwal kereta termasuk juga jadwal perjalanan KRL Commuter Line saat ini.

Jumlah Perjalanan KRL Commuter Line Bertambah

Dalam GAPEKA 2019, operator KRL Commuter Line mengoperasikan perjalanan KRL sebanyak 90 loop. Jumlah perjalanan KRL sebanyak 1.057 per hari.

Bandingkan dengan GAPEKA 2017. PT KCI mengoperasikan sebanyak 81 loop. Dalam sehari, PT KCI mengatur 945 perjalanan kereta per hari.

Operator bakal memberlakukan jumlah perjalanan kereta pada triwulan atau kuartal pertama pemberlakuan GAPEKA 2019 ini. Ada 86 loop dengan 960 perjalanan KRL mulai 1 Desember 2019. Nantinya, jumlah loop dan perjalanan akan bertambah. KRL Commuter Line akan mengoperasikan 1.100 unit gerbong kereta.

Durasi Headway KRL Commuter Line Semakin Dekat

Jumlah perjalanan KRL Commuter Line untuk lintas Bogor Line sebanyak 405 perjalanan. Jumlah ini terbagi dua. Lintas Center Line (Bogor/Depok-Jakarta Kota PP) terdapat 227 perjalanan. Headway atau jarak antara kereta selama peak hour atau jam sibuk hanya 5 menit.

Headway pada jam sibuk ini tidak berubah. Namun, untuk headway rata-rata turun dari 5,8 menit menjadi 5,5 menit.

Lintas Loop Line (Bogor/Depok-Jatinegara PP) memiliki 178 perjalanan. Headway pada peak hour juga sama, hanya 5 menit.

Baca juga: Imbas Demonstrasi Mahasiswa, Jumlah Penumpang KRL Commuter Line Melonjak

Jumlah perjalanan KRL Bekasi Line (Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota PP) ada 174 perjalanan. Headway untuk lintas ini selama peak hour adalah 11 menit. Headway sebelumnya adalah 12 menit.

Lintas Serpong (Rangkasbitung/Parung Panjang/Maja/Serpong-Tanah Abang PP) memiliki 178 perjalanan. Headway pada peak hour selama 10 menit. Headway ini tidak berubah.

Untuk Lintas Tangerang Line (Tangerang-Duri PP) memiliki jumlah perjalanan KRL Commuter Line sebanyak 98 perjalanan. Headway pada peak hour selama 15 menit. Sebelumnya, headway lintas ini mencapai 25 menit.

Baca juga: KRL Commuter Line Akan Menjangkau Karawang

Lintas Tanjung Priok Line (Tanjung Priok-Jakarta Kota PP) memiliki total perjalanan kereta sebanyak 56 perjalanan. Headway pada lintas ini pada peak hour adalah 30 menit. Sebelumnya, headway bisa mencapai 35 menit.

Terakhir, KRL Feeder (Kampung Bandan-Jakarta Kota PP) yang mempunyai jumlah perjalanan sebanyak 47 perjalanan. Headway lintas ini pada peak hour selama 38 menit, sementara headway sebelumnya adalah 45 menit.

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan KRL Commuter Line untuk pergi ke kantor, pulang ke rumah, atau pergi ke tempat aktivitas, segera cek jadwal perjalanan terbaru. Tentunya agar kamu tidak salah jadwal.

Baca juga: Stasiun KRL Telaga Murni Mulai Diuji Coba, Yuk Cari Rumah di Bekasi dan Sekitarnya

Bagikan: 10238 kali