krl commuterline- rumah123.com PT KAI Berencana Untuk Memperpanjang Rute KRL Commuter Line Hingga Kota Serang Pada 2020 (Foto: Rumah123/Getty Images)

KRL Commuter Line akan memperpanjang rute dari Rangkasbitung ke Kota Serang, Benten. Rencana ini akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI berencana untuk memperpanjang rute KRL Commuter Line di Provinsi Banten. Rencananya, KRL Commuter Line memiliki rute baru dari Rangkasbitung hingga Kota Serang.

Situs berita online Kompas.com mengutip pernyataan Deputi Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta Sofyan Hasan. Sofyan menyatakan ada rencana elektrifikasi sampai Serang dilakukan pada 2020.

Baca juga: KRL Commuter Line Tambah Jadwal, Transjakarta Akan Tingkatkan Kapasitas

Nantinya, masyarakat bisa menggunakan KRL Commuter Line dari Rangkasbitung hingga Serang. Rangkasbitung merupakan daerah di Kabupaten Lebak, sedangkan Serang adalah ibu kota Provinsi Banten. Kota ini dikelilingi oleh Kabupaten Serang.

Saat ini, KRL Commuter Line baru menjangkau Rangkasbitung. Rutenya adalah Tanah Abang-Rangkasbitung. Rute ini mulai dioperasikan mulai April 2017.

Rute Tanah Abang-Rangkasbitung ini merupakan rute KRL Commuter Line terpanjang dengan rute sepanjang 72,8 kilometer. Rute ini berhenti di 19 stasiun kereta.

Potensi Penumpang Kereta Lokal Cukup Tinggi

Upaya untuk memperpanjang rute KRL Commuter Line hingga ke Kota Serang ini memang didasarkan pada potensi penumpang kereta api yang tinggi.

Sofyan menyatakan kereta lokal Rangkasbitung-Merak mengangkut sekitar 8.000 penumpang setiap harinya. Potensi ini membuat PT KAI ingin memperpanjang rute KRL Commuter Line.

Proses instalasi elektrifikasi akan memakan waktu sekitar enam bulan. Namun, KRL Commuter Line rute Rangkasbitung-Merak masih melaju di atas satu rel saja. PT KAI masih menyelesaikan pembangunan proyek double track hingga ke Merak.

Baca juga: KRL Commuter Line Berlakukan Jadwal Baru Mulai 1 Desember 2019

Seperti telah diulas sebelumnya, rute Tanah Abang-Rangkasbitung menjadi rute terpanjang KRL Commuter Line. Jika rute diperpanjang hingga Kota Serang, maka rute ini dari Tanah Abang ke Serang mencapai 105 kilometer. Jarak ini hampir dua kali lipat rute KRL Commuter Line Jakarta-Bogor yang hanya 54,8 kilometer.

PT KAI belum memutuskan apakah perjalanan langsung dimulai dari Tanah Abang ke Serang. Pilihan lainnya adalah transit di Rangkasbitung.

KRL Commuter Line Sudah Menjangkau Bogor, Bekasi, dan Tangerang

KRL Commuter Line juga menambah jumlah perjalanan pada 2020 mendatang. Headway atau jarak antar kereta juga akan dipangkas menjadi lebih dekat.

Saat ini, KRL Commuter Line memiliki sejumlah rute yang menjangkau sejumlah kawasan penyangga di Jakarta. Rute tersebut menjangkau Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Cikarang, Nambo, dan lainnya.

Situs berita online Detik.com melansir bahwa KRL Commuter Line telah mengangkut 315,8 juta penumpang pada 2018. Sementara laman berita online Beritasatu.com menyitir bahwa jumlah penumpang per hari pada 2019 mencapai 900.000 ribu orang.

Perluasan rute KRL Commuter Line hingga Kota Serang tentu akan mendongkrak jumlah penumpang. Buat kamu yang sedang mencari rumah, mungkin kamu tertarik untuk memilikinya di kawasan Rangkasbitung atau Serang?

Baca juga: 2021, Stasiun Gambir Hanya Untuk KRL Commuter Line dan Kereta Khusus

Bagikan: 1041 kali