krl commuter line- rumah123.com PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) Sebagai Pengelola Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Mengajukan Usulan Kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk Memperpanjang Rute KRL Hingga Karawang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Foto: Rumah123/Getty Images)

PT KCI memberikan usulan kepada Kementerian Perhubungan untuk memperpanjang rute kereta rel listrik (KRL) Commuter Line hingga ke Karawang.

Usulan untuk memperpanjang rute KRL Commuter Line hingga Karawang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat muncul. Saat ini, rute baru mencapai Cikarang.

Seperti dikutip oleh situs berita online CNBC Indonesia.com, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) Wiwik Widayanti memberikan usulan perpanjangan rute kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Baca juga: 2019, Commuter Line Tambah 192 Unit Kereta, Kamu Sudah Naik Transportasi Massal Belum?

Wiwik mengungkapkan usulan tersebut saat melakukan perjalanan ke Bekasi bersama Menhub menggunakan KRL Commuter Line. Rombongan berangkat dari Stasiun Juanda, Jakarta menuju ke Stasiun Metland Telaga Murni,

Budi Karya meresmikan Stasiun Telaga Murni yang berada di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi pada Rabu (14/8/2019). Sebelumnya, stasiun ini telah diuji coba pengoperasiannya sejak Mei 2019.

Stasiun Telaga Murni merupakan wujud perjanjian kerja sama antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada 2014.

Baca juga: Ga Usah Malu Fakir Kuota, Ada WiFi Gratis di Stasiun KRL Commuter Line

PT Fajarputera Dinasti adalah anak perusahaan dari perusahaan pengembang Metropolitan Land Tbk. Perusahaan ini yang membangun dan mengembangkan kawasan perumahan Metland Cibitung.

Proses pembangunan Stasiun Metland Telaga Murni dimulai pada 2015 dan selesai pada 2018. Stasiun ini mulai diuji coba sejak 18 Mei 2019.

Stasiun ini mempunyai luas tanah 2.051 meter persegi (m2) dan luas bangunan 2.630 m2. Stasiun ini memiliki fasilitas peron sepanjang 260 meter yang dapat melayani rangkaian kereta sepanjang 12 gerbong.

Masyarakat Karawang Meminta KRL Commuter Line Buka Rute

Wiwik menyampaikan kepada Budi Karya bahwa warga Karawang terus meminta KRL Commuter Line untuk memperpanjang rute. Hal ini disampaikan saat keduanya berbincang di dalam KRL Commuter Line.

Menhub menyambut positif usulan tersebut. Dia sempat membahas hal ini ketika memberikan kata sambutan. “Nanti Insya Allah (KRL) sampai Karawang,” kata Budi Karya.

Sayangnya, rencana tersebut belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Menhub menyatakan masih perlu melaksanakan finalisasi fisik rel KRL Commuter Line menuju Karawang yang diproyeksikan bisa selesai pada akhir 2020 mendatang.

Menhub mengatakan finalisasi fisik akan memakai double track. Sementara double double track (DDT) baru sampai Cikarang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menyatakan bahwa pihaknya masih fokus mengerjakan proyek DDT di Stasiun Cikarang. Sementara mengenai Karawang masih akan dievaluasi.

KRL Commuter Line Baru Menjangkau Cikarang

Saat ini, rute KRL Commuter Line dari arah Jakarta ke arah timur baru mencapai Cikarang. Rute Jakarta-Cikarang merupakan perpanjangan rute Jakarta-Bekasi. Rute Jakarta-Cikarang baru beroperasi sejak Oktober 2017.

Rute Jakarta-Bekasi merupakan jalur terpadat ketiga setelah Jakarta-Bogor dan Jatinegara-Bogor. Sebenarnya, rute Jakarta-Bekasi-Cikarang ini memiliki dua jalur. Satu rute melalui Manggarai, satu lagi melewati Pasar Senen.

Baca juga: KRL Commuter Line Hapus Pembelian Tiket Harian di 5 Stasiun Mulai Agustus 2019

Bagikan: 1760 kali